Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Bandara Ahmad Yani menuju “Green Airport”



BANDAR Udara Ahmad Yani direncanakan akan menjadi bandara ramah lingkungan dan peduli kelestarian alam. Ke depan, konsep green airport (bandara hijau) akan diterapkan di lapangan udara bertaraf internasional tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Jateng Urip Sihabudin menyatakan, bandara hijau tersebut nantinya semaksimal mungkin memanfaatkan energi alam yang sangat ramah lingkungan. Seluruh bangunannya dibangun dengan nuansa ruang terbuka dan dipenuhi dengan tanaman.

“Nantinya Bandara Ahmad Yani Semarang akan menggunakan bangunan dengan atap yang bernuansa ruang terbuka dan penuh dengan tanaman hijau,” kata Urip seusai menghadiri paparan program Visit Jateng 2013 di Semarang, kemarin.

Urip menjelaskan, green airport memiliki beberapa pengertian, yakni tampilan fisik betul-betul penuh dengan tumbuh-tumbuhan hijau. Selain itu, bandara hijau juga berarti sumber daya energi yang dimanfaatkan benar-benar berorientasi untuk kelestarian alam dan efisiensi energi. Misalnya menggunakan listrik seefisien mungkin, karena pada siang hari tak perlu menggunakan listrik.

Caranya, bangunan bandara di-setting dengan konsep ruang terbuka yang penuh dengan pohon dan tanaman. Urip mencontohkan, terminal pemberangkatan dan kedatangan penumpang atapnya menggunakan kaca-kaca agar sinar matahari bisa leluasa masuk, sehingga akan menghemat penggunaan lampu listrik. Tujuannya, agar sistem pengelolaan bandara dipastikan seefisien mungkin dan menghemat energi.

“Sedangkan untuk penggunaan air tanah akan diupayakan seefisien mungkin, serta bisa diolah kembali. Tumbuhan vertikal juga tumbuh dalam bangunan airport,” papar Urip.

Urip menegaskan, konsep bandara yang sangat hijau di Semarang ini merupakan yang pertamakali di dunia. Saat ini, master plan sudah selesai dan sudah masuk dalam tahap pelelangan. Ditarget, pada pertengahan 2013 mendatang, bandara berkonsep green ini sudah bisa dioperasikan. (hep/dnr)

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous