Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Likuiditas BMT NU Sejahtera Termasuk Terbaik di Jateng

Oleh Mohammad Ichwan

BMT NU Sejahtera Kota Semarang jadi salah satu KSP berprestasi. Likuiditasnya dinilai termasuk yang terbaik di Jawa Tengah.

Dinas Koperasi dan UMKM Prov Jateng berterima kasih atas partisipasi BMT NU Sejahtera Kota Semarang yang telah memiliki 14 kantor cabang di seantero Jawa Tengah dan menjadi salah satu KSP berprestasi bagus. Likuiditasnya dinilai termasuk yang terbaik di Jawa Tengah.

Kabid Pemberdayaan Koperasi Simpan Pinjam Dinas Koperasi dan UMKM Prov Jateng Yanti Mawarti menyatakan hal itu dalam pembukaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Baitul Mal wa Tamwil (BMT) NU Sejahtera di kantor Pusat KSP Syariah tersebut di Jl Raya Semarang-Kendal km 15, Mangkang, Tugu, Semarang, baru-baru ini.

Mewakili Kadinaskop & UKM Jateng, Yanti mengatakan, koperasi yang baik yang menumbuhkan perekonomian anggotanya. “Tidak sekadar memberi pinjaman dan pengembaliannya lancar. Ukuran baiknya adalah peningkatan taraf hidup para anggota koperasi, dan berkembangnya usaha yang dikelola anggota,” ungkapnya.

“Koperasi yang baik itu tidak diukur semata-mata oleh omzet usahanya. Bukan sekadar lancarnya angsuran anggota dan besarnya keuntungan. Tetapi diukur seberapa besar manfaatnya dirasakan anggota untuk peningkatan taraf hidup maupun pengembangan usaha mereka,” tuturnya seraya mengucapkan selamat atas keberhasilan BMT NU berjaya di Jawa Tengah.

Sangat Bangga

Ketua Lembaga Perekonomian NU yang juga Ketua BMT NU Sejahtera H Muhtarom mengaku sangat bangga dan gembira atas pencapaian yang diperoleh koperasinya dalam beberapa tahun ini.

Dia berterima kasih atas segala dukungan dari PCNU Kota Semarang dan PCNU  Demak, Kendal, Boyolali, Sukoharjo, Magelang dan Kebumen yang mendukung pendirian unit-unit kantor cabang BMT NU Sejahtera, sehingga bisa menjadi koperasi yang berkembang pesat memenuhi kebutuhan para anggota. Juga berterima kasih kepada Dinaskop & UMKM Jateng serta dinas koperasi kabupaten/kota di Jateng yang telah memberikan pembinaan dan fasilitas.

“Alhamdulillah kami telah memiliki 14 kantor cabang, 6 di Kota Semarang dan 8 di luar Kota Semarang. Tahun ini akan bertambah 6 lagi di Temanggung, Banyumas, Banjarnegara, Cilacap, Wonogiri dan Kota Salatiga,” terangnya. 

Muhtarom menjelaskan, sejak berdiri pada 2006 lalu, BMT NU Sejahtera telah memiliki anggota aktif 596 orang dan 53.301 calon anggota. Sejumlah 130 karyawan yang semuanya dari pemuda-pemudi nahdliyin, telah berhasil membuat koperasi ini memiliki aset sebanyak Rp 55 miliar, dengan pendapatan bersih Rp 11,8 juta di tahun 2011.

Direncanakan, tahun buku 2012 aset BMT NU Sejahtera naik 50% menjadi Rp 83 miliar, dengan laba sebanyak Rp 15,7 juta. Untuk permodalan, kata Muhtarom, selain dari ekuitas alias modal sendiri dari anggota, juga disokong Bank Syariah Mandiri yang telah terjalin sejak 2009 lalu. Termasuk penggunaaan fasilitas ATM untuk anggota BMT NU Sejahtera.

“Mohon doa restu kami saat ini sedang mempersiapkan pendirian BPR Syariah NU yang gedungnya tiga lantai telah selesai di bangun tahun lalu. Yaitu di lokasi bekas Kantor PCNU di jalan protokol Kota Semarang, Jl Jenderal Sudirman No 54 Semarang,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua PCNU Kota Semarang H Anasom dalam sambutannya menyampaikan, setiap orang, setiap organisasi atau lembaga, harus melakukan evaluasi secara terus-menerus.

Dosen Fakultas Dakwah IAIN Walisongo Semarang ini mengutip isi Alquran surat Al-Hasyr ayat 18 yang menyiratkan pentingnya evaluasi untuk kebaikan di masa mendatang.

Dalam kesempatan tersebut, pengurus BMT NU Sejahtera membagikan reward  kepada para karyawan yang berprestasi. Yaitu penghargaan untuk 47 orang, dan bonus uang total Rp 19,5 juta untuk 83 pegawai. (tab)
   
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous