Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Konflik Pasar Raya Harus Segera Dituntaskan

Pedagang beraktivitas di di lantai dasar Pasar Raya II kemarin. Lantai ini satu-satunya yang tidak mangkrak.
 HARSEM/WAHYU DIJAYAMTO/SM NETWORK
SALATIGA-Permasalahan Pasar Raya  II yang berlarut-larut disebabkan Pemkot Salatiga dan PT Matahari Mas Sejahtera (MMS) sama-sama menyumbang niat tidak baik. Selain itu perjanjian yang ditandatangani tahun 1991 (diperbaiki melalui berbagai adendum) dinilai cacat hukum.

Dalam perjanjian, banyak pasal yang saling bertentangan. Hal itu termaktub dalam pendapat hukum tim Fakultas Hukum UKSW  dalam rapat koordinasi Tim Koordinator Kerja Sama Daerah Salatiga dengan DPRD Salatiga, Selasa (5/2).

Sumbangan niat tidak baik Pemkot setidaknya ada dua. Yaitu pembangunan bekas ruko hasil tanpa izin PT MMS. Lalu Pemkot belum menunjuk lahan bongkar muat pengganti Pasar Blauran. Sementara PT MMS tidak memenuhi beberapa kewajiban sehingga menimbulkan kerugian bagi Pemkot.

''Akibatnya kedua belah pihak saling menyomasi, tapi hingga saat ini belum ada penyelesaian,'' ungkap Haryanto, ketua tim penyusun legal opinion.

Untuk mengurai masalah itu, dia mengusulkan DPRD memediatori kedua belah pihak. Bila tidak ada solusi, tidak diketahui sampai kapan Pasar Raya II mangkrak.

Tidak Sah
Jefferson Kameo, yang juga anggota tim mengatakan, perjanjian Pemkot dengan PT MMS bisa batal demi hukum. Konsekuensinya perjanjian dianggap tidak ada, sehingga Pemkot bisa mengambilalih Pasar Raya II tanpa mengindahkan PT MMS.

Asisten I Pemkot Salatiga Tri Priyo Nugroho mengungkapkan, pembangunan bekas Ruko Hasil dilakukan karena berbagai pertimbangan. Jadi bukan tanpa seizin PT MMS.

Dirunut ke belakang memang ditemukan banyak masalah, dan itu sudah diketahui Pemkot. Namun yang terpenting bagaimana kedua belah pihak menemukan solusi terbaik. ''Kalau solusinya seperti itu kami sudah tahu. Namun kami ingin solusi yang pas,'' ungkapnya.

Wakil Ketua DPRD Muhammad Fathur Rahman yang memimpin rapat sependapat niat dan upaya semua pihak agar permasalahan Pasar Raya II dapat diselesaikan cepat. (J21,H32-SM Network/nji)
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]