Home » , , , » Pecel Madiun Yu Gembrot Ramaikan Kuliner Semarang

Pecel Madiun Yu Gembrot Ramaikan Kuliner Semarang

Written By fasrif anang maruf on Kamis, 14 Februari 2013 | 23.03

Ustad Arifin Ilham melihat cara penyajian pecel Yu Gembrot (SM/Fista Novianti )
SEMARANG-Pecel  adalah salah satu makanan nusantara  paling digemari. Sejak masa penjajahan Belanda juga terdapat makanan nusantara itu. Yah, meskipun ada perbedaan rasa di bumbu dan isinya karena mengikuti selera dan keadaan disana. Konsep hidangan pecel ada kemiripan dengan salad bagi penduduk Eropa, yakni sayuran segar yang disiram topping mayonaise. Cuma untuk pecel toppingnya adalah sambal kacang. Bahan utama dari sambal pecel adalah kacang tanah dan cabe rawit yang dicampur dengan bahan lainnya seperti daun jeruk purut, bawang, asam jawa, merica dan garam.

Makanan pecel pun semakin meluas ditemui di sejumlah wilayah di Indonesia. Namun, masing-masing daerah memiliki cita rasa khas yang tidak dimiliki daerah lainnya. Pecel asal Semarang misalnya, bumbu kacang terlebih dulu digoreng barulah dicampur dengan bumbu lainnya.

Di wilayah Banyumas, pecel sering pula dibubuhi dengan bahan-bahan sayuran yang berbau merangsang. Di antaranya, ditaburi dengan biji-biji lamtoro atau irisan bunga kecombrang yang telah dikukus. Sementara pecel Madiun, bumbu kacang tidak digoreng melainkan disangrai. Pecel Madiun paling enak ditemani dengan rempeyek kacang, rempeyek udang dan daging empal.

Ikut meramaikan industri kuliner Semarang, kini hadir pecel Yu Gembrot di Jalan Prof Soedharto Nomor 12 Semarang. Semenjak dibuka mulai akhir Januari lalu, warung nasi pecel asli cabang Madiun itu banyak digemari masyarakat Semarang. '' Bagi mereka yang gemar pecel Madiun, kini tak usah lagi jauh-jauh kesana. Disini kami menyediakan makanan pecel sama dengan aslinya,'' kata pemilik warung nasi pecel Madiun Yu Gembrot Semarang, Darsono kemarin.

Darsono menuturkan, semua cita rasa, pelayanan dan penyajian dibuat sama dengan pecel Yu Gembrot di Madiun. Bahkan, sambal kacang didatangkan langsung dari Madiun. Berbeda dengan pecel lainnya. Bumbu kacang tidak digoreng melainkan disangrai sehingga menimbulkan bau wangi. Sementara, rasa dari sambal kacangnya pun gurih dan lembut. Untuk bahan sayurnya, pecel Yu Gembrot memberikan sayuran segar kacang panjang, bunga turi, petai cina, kemangi, kecambah, kenikir, krai (sejenis timun), bayam, daun ketela dan daun pepaya. Tersedia pula daging empal, telur ceplok, aneka gorengan, telur asin, rempeyek kacang dan rempeyek teri. Untuk harga, sudah pasti makanan pecel relatif murah mulai Rp 5.000 per porsinya.

Menurut dia, pecel Yu Gembrot selama ini banyak dicari masyarakat Semarang. Mulai pejabat, artis, musisi hingga kalangan biasa. Semakin banyaknya peminat, ia dan istrinya Iin Darsono diberi kepercayaan oleh pemilik warung pecel Yu Gembrot Madiun yaitu Ibu Katini untuk membuka warung nasi pecel di Semarang. Warung ini merupakan satu-satunya cabang asli di Madiun. Di kota lain belum ada pecel Yu Gembrot.

''Ternyata banyak juga yang gemar pecel Yu Gembrot. Saat akhir pekan, bisa terjual sampai 300-400 porsi per harinya. Ini sudah permulaan yang bagus meski masih menjadi cabang yang pertama,'' ujarnya. (Fista Novianti-SMNetwork/yul )


Share this article :

Poskan Komentar

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HARIAN SEMARANG - Semarang Banget - All Rights Reserved
Template Created by Mas Fatoni Published by Tonitok
Proudly powered by Blogger