Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Peran Strategis Pers Mendukung Pemberantasan Korupsi

Ketua PWI Jateng Hendro Basuki (tengah) dan Kapuspenkum Kejaksaan Agung Setia Untung Arimuladi (kanan), Aspidsus Kejati Jateng, Wilhelmus Lingitubun, berbicara dalam workshop  optimalisasi & sosialisasi peran humas terhadap upaya pencegahan korupsi bagi instansi pemerintah/ BUMN dan swasta di Hotel Santika Premiere Semarang kemarin. HARSEM/SM/HARI SANTOSO


PERS memiliki peran strategis dalam upaya membantu pemberantasan korupsi di Indonesia. Peran itu sekaligus implementasi sikap media  untuk  mendorong terwujudnya penegakan hukum. 

Demikian  salah satu poin,  dari Ketua PWI Jateng Hendro Basuki  dalam workshop  optimalisasi & sosialisasi peran humas terhadap upaya pencegahan korupsi bagi instansi pemerintah/BUMN, dan swasta di Hotel Santika Premiere Semarang,  kemarin. 

Workshop Hukum tersebut,  dihadiri puluhan  pejabat di lingkungan  kejaksaan tinggi dan negeri di Jateng.  Selain itu juga  perwakilan TNI/Polri serta  pejabat SKPD dari Kabupaten/Kota.

‘’Peran pers penting  dalam upaya penegakan hukum termasuk pemberantasan korupsi di Indonesia.  Sesuai UU No 40/ 1999 tentang Pers bahkan diamanatkan media berhak melakukan pengawasan, kritik, sekaligus koreksi terhadap hal yang berkaitan dengan kepentingan umum,’’ tutur Direktur Operasional Suara Merdeka Group itu, yang juga dituangkan dalam makalah Pers, Kontrol Sosial dan Korupsi. 

Kendati demikian, pria asal Kabupaten Blora ini pun  mengingatkan posisi media harus netral  dalam setiap pemberitaan yang menyangkut masalah hukum.  Jangan sampai, kata dia, fungsi kontrol pers menjadi bias makna. Artinya,  kekuatan media massa malahan dipersempit maknanya untuk menjadi ajang mencari kesalahan dan kelemahan pejabat atau instansi tertentu. 

Hendro sekaligus wanti-wanti, dalam setiap pemberitaan hendaknya menjunjung  tinggi asas keberimbangan. Bentuknya, adalah mutlak  wawancara atau konfirmasi semua pihak yang menjadi subyek berita. 

Diakui, dalam menjalankan fungsi kontrol sosial,  pada saatnya pers berada dalam posisi penuh tantangan.  Tantangan bisa berasal dari dalam lingkungan perusahaan (internal) atau juga dari luar media (eksternal).

Hubungan Media
Sementara itu Kapuspenkum,  Setia Untung Arimuladi mengemukakan  akan terus membenahi kerja birokrasi kehumasan di lingkunngan Kejaksaan Agung. Upaya tersebut sekaligus berkenaan aturan keterbukaan informasi publik sebagaimana diatur dalam UU No 14/ 2008. 
Pembenahan kinerja sejalan dengan upaya  kemitraan terhadap media yang bisa membangun opini publik,  tentang institusi pemerintah.  Kemitraan ini pun dinamakan sebagai hubungan media.

Bentuknya di Jawa Tengah berupa kemitraan dengan Forum Wartawan Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah (Forwaka)  yang kemarin berperan menyelenggarakan acara.  Kapuspenkum pun setuju dengan upaya pencegahan korupsi melalui keterbukaan informasi publik. Pada tahapan ini peran pers menjadi sangat penting.

Adapun Asisten Tindak Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Jateng, Wilhelmus Lingitubun, dalam paparan makalah upaya pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi mengemukakan BPK RI selama semester I tahun 2012, menemukan 13.105 kasus dugaan penyimpangan. Nilainya mencapai Rp  12,48 triliun. Sebanyak 3.976 kasus  atau senilai Rp 8,92 triliun berupa ketidakpatuhan yang mengakibatkan kerugian, potensi kerugian dan kekurangan penerimaan negara. Sisanya, 9.129  kasus atau senilai Rp 3,55 triliun merupakan kasus penyimpangan administrasi, ketidakhematan, ketidakefisien, dan kelemahan pengendalian sistem internal.

Dalam kesempatan itu juga, sebanyak 30 anggota  Forum Wartawan Kejaksaan Tinggi  Jawa Tengah (FORWAKAT) mendapatkan asuransi kecelakaan. Penyerahan simbolis dilakukan oleh  Asisten Intelijen (Asintel) Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, Sunarta SH MH kepada dua perwakilan anggota Forwakat, Henri Pelupessy (Harian Koran Jakarta) dan Sulistyo (TVRI Jateng)
“Saya berharap dengan adanya asuransi kecelakaan kepada rekan-rekan wartawan yang tergabung dalam Forwakat ini , dapat bekerja dengan baik  dan tidak khawatir karena telah dilindungi ,” katanya. (SMNetwork/sae)


Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous