Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Ponpes Raudlatul Qur’an Kauman

Santrinya Bermukim di Rumah Wakaf Warga

KAMPUNG Kauman memang menyimpan banyak peninggalan kebudayaan Islam. Tak jauh dari Masjid Agung Semarang yang legendaris itu, sekitar 100 meter di selatan masjid ada sebuah pondok pesantren tua yang spesialis mengajarkan Alquran. Namanya Ponpes Raudlatul Qur’an.

Warga Kauman berusia 25 tahun ke atas, hampir dipastikan pernah mengaji Alquran di pondok ini. Baik para sayid/habib (trah Nabi Muhammad SAW), warga keturunan Arab, maupun penduduk awam sekitarnya.

Warga sekitar mengaji kepada para ustad maupun kepada pengasuh, kiai Khamad Ma’sum dan Kiai Abdurrohman.

Para santri justru sedikit yang tinggal di pondok. Sebab selain tidak tersedia gothakan (bilik santri) di sekitar rumah pengasuh, juga karena lebih banyak yang nglaju.. Sekarang ada 150 santri mukim. Mayoritas dari luar Kota Semarang. Seperti Demak, Grobogan, Jepara, Ungaran dan Kendal. Kebanyakan berusia antara 15 tahun hingga 20 tahun.

Tidak adanya bilik santri bukan berarti tiada asrama. Karena santri bermukim di rumahrumah warga yang telah diwakafkan kepada pondok. Jadilah asrama santri menyatu dengan masyarakat.

Menurut pengasuh PP Raudlatul Qur’an, KH. Khamad Ma’sum, para santri sering mendapat kiriman makanan dari warga sekitar. Terlebih jika di bulan Ramadan. Pihak pondok sendiri juga menyediakan 75 kg beras setiap bulan untuk makan santri. Praktis para santri tak perlu keluar uang untuk membeli.

Demi konsentrasi hafalan, santri di pondok ini tidak boleh nyambi sekolah ataupun bekerja. Waktunya full untuk gladi hafalan kitab suci. Mereka harus setor hafalannya kepada para ustad tiga kali sehari; pagi, sore dan malam. Menghafal langsung di depan guru, yang disebut sistem sorogan.

Waktu yang dibutuhkan untuk menghafal Alquran tidak terlalu lama. Rata-rata tiga atau empat tahun rampung. Usai lulus dari pondok, banyak yang kembali melanjutkan ke sekolah formal atau menjadi pemimpin agama di kampung halaman.

Sebagaimana umumnya pondok hafalan Alquran, standar keilmuan di pesantren ini juga ketat. Pengasuh hanya memberi ijazah kepada penghafal yang benar-beanr bagus bacaannya, benar makhroj-nya, dan tetap tajwid-nya. Jika memenuhi berbagai syarat, alumni berhak menyandang titel Al-Hafidz.

Jalur ijasahnya juga tidak sembarangan. Lisensi hafalan santri harus benarbenar disahkan oleh kiai pentashih dengan standar silsilah ilmu sang guru. Di pesantren ini, jalur sanad (turunan) ilmunya berasal dari Ponpes pemegang lisensi Alquran langsung dari Arab yang menyambung lurus kepada Rasulullah SAW.

Perintis pesantren ini, KH Abdullah Bin Salim dan KH Turmudzi Taslim mendapatkan ijazah tahfidz dari guru utama rujukan hafalan Alquran. Yaitu KH Raden Muhammad (PP Bustanul Usyaqil Qur’an) Betengan Demak, KH Ma;shum (PP Al-Hidayah) Lasem, KH Abdullah Zaini (PP Raudhatut Tholibin), KH Hamid Dimyati Attirmasi Pacitan, serta KH Munawir Krapyak Yogyakarta. (ichwan_harian semarang)

___________
Dipersilahkan mengcopy dan menyebarluaskan artikel pada blog ini dengan tujuan untuk kemaslahatan bersama dan bukan untuk disalahgunakan. Namun perlu diingat, wajib menyertakan sumber blog ini yaitu http://hariansemarangbanget.blogspot.com. (terima kasih).
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

2 comments :

  1. Mencetak para Huffadz yang akan memasyarakatkan al-Qur'an dan menjaga ke-otentikkan isi dan qira'ah kitab suci al-Qur'an.

    ReplyDelete
  2. assalamua`alaikum,mau nanya pendaftarannnya dibatasi waktu atau tidak dan rincian biaya berapa terimakasih waassalamu`alaikum

    ReplyDelete

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous