Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Pembatasan Impor Dorong Kenaikan Harga Buah

SEMARANG-Pembatasan kuota dan pelarangan impor beberapa jenis buah mendorong kenaikan harga buah dan bahkan ada pedagang di Pasar Peterongan Kota Semarang yang terpaksa beralih jenis barang dagangan.

"Semua harga buah mahal. Kalau dijual lagi dengan harga tinggi, lakunya susah, sementara kalau terlalu lama ditahan, buah jadi busuk," kata seorang pedagang buah di Pasar Peterongan Kota Semarang, Syari (56), di Semarang, Senin.

Ia mengaku memilih untuk sementara waktu tidak lagi berjualan buah dan beralih berjualan sayuran dan kedelai rebus agar dapat bertahan atau tetap mendapatkan penghasilan.

Ia mengaku akan terus memantau harga buah-buahan, sedangkan begitu harga buah sudah turun, dirinya akan kembali berjualan buah-buahan seperti yang dijalaninya bertahun-tahun selama ini.

Kenaikan harga buah-buahan juga dikeluhkan seorang warga Semarang Selatan yang ditemui sedang berbelanja buah-buahan, Yuni (50).

"Saya sebenarnya ingin membeli jeruk baby, tapi tidak ada satu pun pedagang yang menjualnya. Ini dapat jeruk biasa dan ukurannya kecil-kecil, tetapi harganya mahal satu kilogramnya Rp10 ribu," katanya.

Padahal, katanya, selama ini dengan harga jeruk Rp10 ribu per kilogram, dirinya memperoleh jeruk dengan ukuran lebih besar lagi, sedangkan jeruk dengan ukuran sama saat ini, sebelumnya harganya hanya berkisar Rp 6.000 per kilogram.

Mahalnya harga buah tersebut, juga menjadikan salah satu pedagang keliling batal membeli buah apel yang sudah dipesannya.

"Tidak jadi beli, harga kok mahal sekali. Kalau kulakannya mahal ya, susah untuk menjualnya kembali," kata seorang pedagang buah keliling, Sri (45).

Pemerintah melalui kementerian terkait mengeluarkan pembatasan dan pelarangan buah impor untuk periode Januari hingga Juni 2013.

Sebenarnya, hanya enam buah yang tidak mendapatkan Rekomendasi Impor Produk Horti­kultura (RIPH), yakni durian, nanas, melon, pisang, mangga, dan pepaya. (ant/yul)
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous