Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Ditendang, Fadel Menantang

Banyak pihak menyesalkan pencopotan Fadel Muhammad sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. Benarkah sikap dia yang terlampau keras dalam memperjuangkan kepentingan ekonomi kerakyatan adalah alasan pemberhentiannya?

TAK hanya Akbar Tandjung yang menyesalkan pencopotan Fadel Muhammad dari posisinya sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. Hal serupa juga dirasakan putri almarhum mantan Presiden Soeharto, Siti Hediati Hariyadi atau yang akrab disapa Titiek Soeharto.

“SBY seharusnya memberikan penjelasan agar Pak Fadel tidak merasa dizalimi,” kata Titiek yang menjabat sebagai Ketua Dewan Pengurus Pusat Bidang Petani dan Nelayan di Partai Golkar. Di mata Titiek, kinerja Fadel sama sekali tak bercacat.

Titiek juga mempertanyakan pernyataan Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi yang mengatakan Fadel terkena resafel karena bermasalah. “Ini harus dijelaskan, karena beberapa menteri lain yang diduga lebih bermasalah, justru tidak diganti,” katanya di Bantul, Yogyakarta, kemarin.

Namun, Titiek tidak merinci menteri-menteri mana saja yang diduga lebih bermasalah itu. Ia hanya menambahkan, sebagai salah satu pimpinan Partai Golkar, sebetulnya dirinya menghormati hak prerogatif Presiden untuk memilih dan mengganti para pembantunya.

“Saya hormati hak prerogatif Presiden. Tapi, perlu ada penjelasan yang transparan agar tidak terjadi polemik di masyarakat. Apalagi, kebijakan Fadel selalu membela petani dan nelayan,” ujar Titiek.

Dia mengaku tidak tahu-menahu mengapa mantan Gubernur Gorontalo itu diganti dengan kolega separtainya yang lain, Sharif Cicip Sutardjo. “Saya tidak tahu apakah partai diberitahu dulu saat Fadel akan diganti,” kata Titiek.
Cicip dan Fadel sama-sama menjabat sebagai wakil ketua umum di kepengurusan Partai Golkar. Cicip sendiri masuk kabinet atas rekomendasi Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie.

Sementara itu, Fadel mengaku baru tahu dirinya dicopot dari kabinet, hanya lima menit sebelum SBY mengumumkan hasil resafel kabinet, Selasa (18/10) malam lalu.

“Pukul 15.30 sore, saya ditelepon Mensesneg Sudi Silalahi dan diberitahu, saya tetap Menteri Perikanan. Eh, tiba-tiba pukul 20.00 kurang lima menit, saya ditelepon lagi oleh Pak Sudi. Dia mengatakan ada surat,” tutur Fadel.

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan ini mengaku tidak terlalu menyesali pencopotannya dari kabinet Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Meski selama dua tahun jadi menteri, dia mengklaim telah berhasil memperjuangkan perlindungan hukum bagi rakyat yang bekerja di sektor kelautan.

“Masyarakat telah mendapat payung hukum, yaitu Kepres Nomor 10 Tahun 2011 dan Inpres tentang Perlindungan Nelayan,” kata Fadel di kediamannya, Jalan Widya Chandra V No 26, Jakarta.

“Pengabdian yang sudah saya laksanakan dua tahun ini terputus di tengah jalan. Ini di luar kuasa saya,” imbuhnya.

Jaga Etika-Martabat
Fadel Muhammad menantang Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi untuk membuktikan tudingannya bahwa dirinya melakukan kesalahan sehingga harus keluar dari Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II.

“Sebagai Menteri Sekretaris Negara, Pak Sudi jangan asal main tuduh saja. Berikan penjelasan apa kesalahan saya biar semua jelas. Jangan asal bicara dan main tuduh,” tegas Fadel.

Tak hanya itu, Fadel juga mengimbau Mensesneg Sudi Silalahi untuk menjelaskan apa masalah yang dia maksud terkait pemberhentiannya tersebut.

“Mensesneg Sudi Silalahi seharusnya menyampaikan secara transparan agar masyarakat tidak dibingungkan dan bisa mengetahui apa masalah yang dimaksud, yang menjadi dasar penggantian Menteri Kelautan dan Perikanan,” kata Fadel. “Pak Sudi Silalahi sebagai Mensesneg atau pejabat negara saya imbau agar menjaga etika dan martabat.”

Mensesneg Sudi Silalahi, Jumat (21/10) lalu di Bandara Ngurah Rai, Bali, menyatakan kepada wartawan bahwa Fadel berkait dengan suatu permasalahan. Tapi, dia tidak menjelaskan secara detil apa masalah dimaksud.

Fadel menyatakan selama dua tahun menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan dia tidak pernah punya masalah hukum. “Saya sangat meyakini tidak ada satu pun permasalahan hukum yang terkait langsung dengan tugas-tugas kementerian saya,” ungkapnya.

Justru Fadel mengaku berhasil membenahi postur anggaran dan keuangan kementeriannya, karena kini laporan keuangan kementerian tersebut mendapat nilai ”wajar tanpa pengecualian” dari sebelumnya yang selalu ”disclaimer”.

”Sejak awal saya sudah sampaikan bahwa saya sangat legowo. Saya malah mengatakan bahwa di dalam maupun di luar kabinet, tetap saya akan mengabdi kepada bangsa ini,” tegas Fadel.

Tolak Impor Ikan
Fadel mengaku, setelah dicopot dari kabinet, dia merenung, berusaha mencari jawaban apakah ada kebijakannya yang dianggap bermasalah. “Setelah melakukan renungan, saya baru menyadari bahwa selama menjabat, sikap saya dalam memperjuangkan kepentingan ekonomi kerakyatan terlampau keras, baik itu dalam penolakan impor ikan, penolakan garam impor, bahkan saya menyegel gudang-gudang garam,” katanya.

“Bagi saya pribadi dan keluarga, masalah resafel sebenarnya sudah selesai dan tidak menjadi penting lagi untuk mengetahui apa alasan utama di balik itu,” lanjut Fadel.

Dengan sadar, Fadel juga mengakui perombakan kabinet merupakan hak prerogatif presiden. ”Sehingga saya menjadi heran, Bapak Mensesneg seharusnya tidak perlu menyampaikan alasan pemberhentian saya bila substansinya sangat kabur atau tidak jelas hingga terkesan mengada-ada, bahkan cenderung dapat menjadi fitnah terhadap diri saya dan keluarga saya,” ucapnya. (dnr)
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous