Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Police Watch: BIN Jangan Jadi Alat 2014

INDONESIA Police Watch (IPW) menilai pergantian kepala Badan Intelijen Negara (BIN), dari Sutanto ke Marciano Norman sudah sesuai dengan tuntutan dan kecaman publik selama ini. Lembaga negara itu dianggap gagal melakukan deteksi dini dan antisipasi terhadap aksi terorisme. Terlebih, BIN jangan sampai menjadi alat “mendukung” kader tertentu pada Pemilu 2014.

“Pergantian ini menunjukkan bahwa pimpinan BIN sebelumnya telah gagal menjalankan tugas, sehingga jabatan kepala BIN kembali diserahkan kepada militer,” kata Ketua Presidium Indonesia Police Watch, Neta S Pane, di Jakarta, kemarin.

Menurut Pane, dalam era demokrasi modern seperti sekarang ini, institusi intelijen negara seharusnya dipegang sipil. Pergantian mantan Kapolri Sutanto ke mantan Danpaspampres Marciano Norman, dianggap memiliki efek yang kurang baik bagi citra dan kinerja Polri.

Pergantian ini akan membawa perubahan radikal di BIN. Karena ada 16 jenderal polisi yang memegang posisi yang sebelumnya dijabat perwira militer. Posisi mereka mulai dari deputi hingga koordinator wilayah di BIN.

Karena itu, IPW berharap kepala BIN yang baru dapat membawa BIN menjadi profesional dan dapat melakukan deteksi dini terhadap pihak asing yang berusaha merongrong NKRI, baik secara sosial, politik, maupun ekonomi.

“Dengan begitu, BIN tidak dituding sebagai alat penguasa untuk mengantisipasi Pemilu 2014, mengawal, serta meloloskan kader Presiden SBY,” ujar Neta S Pane. (dnr)

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous