Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Swadaya Warga Meninggikan Jalan

Oleh Wara Merdekawati

Karena sering tergenang banjir, warga Bandarharjo terpaksa meninggikan Jalan Lumba-lumba Raya dengan cara swadaya masyarakat.

Warga RT 01/RW 09 Kelurahan Bandarharjo, Kecamatan Semarang Utara, belum lama ini swadaya meninggikan jalan kampung. Hal ini mendesak karena sudah lama tidak ada kabar bantuan dari pemkot, padahal sudah mengajukan proposal pembangunan.
    
Menurut warga, peninggian jalan tersebut dilakukan karena jalan kampung sering tergenang air saat hujan deras. Mereka juga sudah cukup lama mengeluhkan kondisi jalan tersebut.

Ketua RT 01/RW 09, Roso mengatakan, kondisi jalan rusak, becek dan tergena air sudah dialami bertahun-tahun. Karena sering meski hujan turun sebentar, tetapi airnya menggenangi jalan di wilayah RW 09 tepatnya di Jalan Lumba-lumba Raya.

“Di sini tidak banjir, hanya saja kalau hujan airnya masih menggenang di jalanan. Perlu waktu tiga sampai empat jam baru bisa surut. Bahkan pernah sampai seminggu baru surut,” keluhnya.

Menurut Roso, wilayahnya merupakan daerah cekungan sehingga air tidak mudah surut dan tidak bisa mengalir ke tempat lain. Agar tidak tergenang dan mengganggu kenyamanan warga, jalan tersebut terpaksa ditinggikan 50 cm.

“Kita tinggikan jalannya biar sesuai dengan jalan sebelumnya. Diharapkan air dapat mengalir dan tidak menggenang lagi,” lanjutnya.

Dikatakan, dalam peninggian jalan tersebut dana yang digunakan berasal dari swadaya murni masyarakat yang terkumpul sekitar Rp 2 juta lebih. “Ini mendesak karena akan memasuki musim penghujan lagi,” katanya.

Lurah Bandarharjo, Margo Haryadi menuturkan, selain kerja bakti peninggian jalan di wilayah RW 09, Minggu lalu beberapa wilayah juga melakukan kerja bakti untuk mengantisipasi musim penghujan.

“Seperti di wilayah RW 10 kemarin kerja bakti pengerukan saluran. Karena pengerukan saluran juga menjadi prioritas kelurahan,” jelasnya. (gus)

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous