Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Pergeseran Penyebab Jalan Beton Patah



DEMAK-Banyak pembangunan jalan beton bertulang patah di ruas sambungan dan terjadi retak besar atau berambut. Namun, tampaknya dinas terkait cenderung menilai pergeseran (sledding) sebagai penyebab utama dari kondisi tersebut.

Dinas terkait terkesan tidak melihat upaya perencanaan ketika menyiapkan lahan untuk betonisasi, seperti penetapan California Bearing Ratio (CBR)) lapangan. Penetapan ini bertujuan untuk menentukan prosentasi CBR atau daya dukung tanah dasar dan mengetahui perlakuan tebal perkerasan jalan baru.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pemukiman Pertambangan dan Energi (DPUPPE), Budi Hariyanto melalui Kabid Bina Marga, Budi Harsono, pihaknya belum bisa menetapkan CBR Lapang. "Sekitar tahun 80-an kami pernah menguji daya dukung tanah dasar, namun sampai saat ini kami tak pernah mengukurnya lagi," kata Budi.

Menurutnya, untuk mengatahui kondisi CBR pihaknya harus membawanya ke labolatorium. Meski banyak jalan beton yang patah akibat sledding (tanah bergeser), bila patah di ruas sambungan atau retak, bisa ditambal dengan aspal agar tidak mengganggu pengguna jalan yang melintas.

Sementara jalan patah akibat sledding, katanya, pihaknya mengantisipasinya dengan menalud pinggir jalan dan saluran afour di tepi jalan. Untuk menetapkan CBR lapangan juga diperlukan alat penguji, yaitu Dynamic Cone Penetrometer (DCP).

Dikatakan, kondisi CBR lapangan sangat bermanfaat untuk penentuan tebal perkerasan jalan di bagian jalan yang direncanakan akan dibangun betonisasi, dan bisa diketahui tebal lapis ulang (overlay) di atas tanah.

Kasi Peningkatan Jalan dan Jembatan, Dul Muntolib menambahkan, ada dua perlakuan bagi daya dukung tanah dasar di wilayah Demak, yaitu perbaikan jalan dengan beton bertulang dan aspal hotmix.

“Kondisi dua jenis perlakuan tersebut sudah disesuaikan dengan kondisi kelabilan tanah di daerah tertentu. Seperti hotmix diperlakukan bagi jalan yang keras di jalan penghubung, seperti Pamongan-Karangawen, Karangawen-Jragung, dan Demak-Bonang,” jelasnya.

Sesuai program Bupati, pada 2014 tidak ada jalan rusak, katanya,  pihaknya telah membeton jalan sepanjang 190-239 km dan hotmix sepanjang 62,9 km sudah tercapai. "Semoga seluruh jalan kabupaten sepanjang 426,51 km pada 2014 akan bagus semua," pintanya.

Menurut anggota Komisi C DPRD, Sunari, soal jalan baik telah disinggung dalam pembahasan RAPBD. "Setelah diberlakukanya UU No 22 tahun 2009 tetang Lalulintas dan angkutan jalan, pemeliharaan jalan untuk keselamatan pengemudi adalah tanggungjawab pemerintah," ungkapnya. (swi/gus)

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous