Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Pejabat ‘Bedol Desa’ ke Bandungan, Warga Kecelik


KECEWA: Warga desa Mordemak gagal beraudiensi karena semua pejabat tengah mengikuti workshop di Bandungan.(HAREM/SUKMA WAJAYA)


DEMAK-Warga Desa Morodemak Bonang yang akan beraudensi dengan bupati atau yang mewakili, pulang dengan kecewa. Pasalnya semua pejabat yang akan ditemui sedang dinas luar kota. 

SEBELUMNYA, warga sudah mengajukan permohonan audiensi kepada camat.  “Saya sudah dijanjikan Pak Camat Bonang (Jauhar Arifin, red) akan diberi waktu audensi dengan bupati (wabup) antara hari Senin-Kamis, tapi kok di pendopo tidak ada pejabatnya,” kesal Ketua Aliansi Masyarakat Morodemak Bersatu, Haris, kemarin di halaman Setda Demak kompleks pendopo kabupaten.

Belakangan diketahui semua pejabat eselon II dan III mengikuti workshop Engineering Science Quest (ESQ) ke sebuah hotel di Bandungan. Aksi ‘bedol desa’ ini jelas membuat warga kecewa. 
Sebanyak 20 orang perwakilan warga Desa Morodemak yang sebelumnya sudah meminta izin untuk beraudensi, harus pulang dengan gigit jari. Mereka menyayangkan lambatnya respons pemkab soal Desa Morodemak.

Sedianya, mereka akan mengadukan kadesnya, Ainul Rofiq yang dianggap plin-plan. Semula mengaku berjanji mundur, kemudian membatalkan. Sang kades pernah dituntut warganya untuk mundur dengan alasan tidak transparan dalam mengelola anggaran.

Seksi Pemuda dan olahraga LKMD Morodemak, Amilin menilai sikap kades tidak mencerminkan bapak desa, terlalu banyak korupsi. “Kemarin sudah menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya, tetapi tidak jadi,” tegasnya.

Kedatangan warga ke pendopo untuk menuntut keseriusan pemkab mengawal persoalan di Morodemak. Kedatangan pewakilan warga dikawal ketat personel Polres dan Polsek Bonang. Sebelum pulang warga menitipkan berkas tuntutan kepada Kasubag Aparatur dan Kelembagaan Desa Bagian Pemerintahan Umum, Gunadi.

“Kebetulan ada workshop ESQ selama dua hari, dan seluruh pejabat harus hadir tidak boleh diwakilkan,” ungkap Gunadi. Tambahnya, persolan Morodemak sudah menjadi perhatian pemkab, bahkan Sekda Demak Poerwono Sasmito telah memerintahkan inspektorat untuk melakukan pemeriksaan secara tajam kinerja Kades Morodemak Ainul Rofiq.

Terpisah, saat dikofirmasi 'bedol deso' yang dilakukan pejabat se-Demak, Ketua DPRD Demak H Muchlasin mengakui tak menahu soal itu. Namun disayangkan bila benar dalam Workshop ESQ harus 'bedol deso'. 

"Kondisi itu sedikit banyak akan memengaruhi pelayanan masyarakat," jelasnya. Terbukti, ketika perwakilan warga Desa Morodemak ingin beraudensi, tak satu pejabat pun berada di tempat. 
Menurut Muklasin, sangat tidak tepat training diadakan bertepatan dengan hari kerja. Dia mengingatkan agar hal serupa tidak terulang lagi, untuk menghindari kesan pejabat Demak 'ngelencer' di lokasi wisata Bandungan.

Aksi 'bedol desa' diikuti semua kepala kantor, kepala dinas, dan camat 14 kecamatan. Sementara Kabag Organisasi dan Kepegawaian Setda Demak Anjar Gunadi membenarkan pihaknya penyelenggara Workshp ESQ di Bandungan. Namun dia tidak bisa menjelaskan karena saat dihubungi melalui ponselnya, Anjar sedang mengikuti workshop. (swi/16)

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous