Samsung Perkuat Jaringan Distribusi
Brand Shop Samsung yang baru pertamakali di buka di Semarang atau, kedua di Indonesia setelah sebelumnya dibuka di Palembang ini untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang ingin lebih banyak tahu tentang produk-produk baru dari Samsung.
Customer Electronic Business Director PT Samsung Electronics Indonesia Iffan Suryanto mengatakan, Samsung berencana membuka sepuluh brand shop di seluruh Indonesia hingga akhir 2012. Saat ini, Samsung telah memiliki dua gerai Samsung Plaza di Palembang dan Semarang.
Menurut Iffan, pendirian Samsung Plaza merupakan salah satu strategi memperkuat jaringan distribusi pasar. Brand shop ini menawarkan konsep lebih dari sekadar toko elektronik. Semua produk Samsung seperti televisi, ponsel, kamera, notebook, komputer, peralatan rumah tangga, hingga tablet tersedia.
Untuk penetrasi pasar Samsung di Jateng khususnya Semarang, pihaknya menargetkan penjualan home appliances, televisi, ponsel, kamera, notebook, komputer, dan tablet mencapai Rp 2 miliar per bulan.
“Kami rasa target tersebut tidak terlalu muluk-muluk, pasalnya di Palembang saja baru 20 hari dibuka transaksinya sudah lebih dari Rp 1 miliar, apalagi ini di Semarang,” katanya di sela pembukaan Samsung Plaza di jalan MT Haryono No 540 Semarang, kemarin.
Dia menuturkan pihaknya berencana membuka Samsung Plaza di beberapa kota seperti Makasar, Lampung, Pontianak, dan Jakarta dalam waktu dekat.
"Produk yang ada di Samsung Plaza adalah kelas premium namun harganya terjangkau. Tidak hanya memanjakan konsumen, tapi kami juga ingin memberikan edukasi penggunaan produk Samsung agar lebih optimal," ujarnya.
Dia menjelaskan sampai saat ini, ponsel Samsung menguasai sekitar 60 persen dari seluruh pasar produk Samsung Electronics Indonesia di pasaran. Sementara produk seperti televisi, mesin cuci, dan lemari es memberi kontribusi sekitar 35 persen.
"Smartphone android masih menjadi andalan Samsung karena penjualannya terus melejit, dan menjadi pemimpin pasar smartphone di Indonesia," katanya.
Direktur Samsung Plaza Semarang Santoso Kurniadi mengatakan, selama dua hari dibuka, Samsung Plaza berhasil mencapai angka penjualan Rp 400 juta. Karena itu pihaknya optimistis target Rp 2 miliar dapat tercapai, mengingat dominasi pasar Samsung untuk produk ponsel pintar terutama Galaxy Tab, kontribusinya mencapai 70 persen.
"Dibanding produk elektronik yang lain, Galaxy Tab paling laris. Apalagi ditunjang layanan servis dan purna jual yang memadai dari Samsung," katanya.(lna)
Post A Comment
No comments :
Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.