Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Empat Anak Harimau Bobin Mangkan Diberi Nama

MENYUSU: Salah satu anak harimau Benggala Bonbin Mangkang tengah menyusu, Senin (1/10). (HARSEM/JBSM/HANUNG SUKENDRO)
SEMARANG - Berusia dua pekan, empat anak harimau Benggala milik Taman Marga Satwa Semarang (Kebun Binatang Mangkang) diberi nama. Dua anak jenis kelamin jantan diberi nama Anggoro dan Kliwon, dua betina Septi dan Rengganis.

Kepala UPTD Taman Marga Satwa Semarang, Kusyanto mengatakan, dua harimau jantan lahir pada hari Selasa Kliwon (Anggoro Kasih) sehingga diberikan nama tersebut. Nama Septi diambil dari bulan kelahiran (September). Rengganis adalah gabungan dari nama induknya, Rangga dan Manis. "Nama Rengganis diberikan oleh Pak Kasturi (Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata Kota Semarang) yang mewakili Plt Walikota," ujar Kusyanto, Senin (1/10).

Menurutnya, nama-nama panggilan yang diberikan pada hewan koleksi terkadang bisa memudahkan komunikasi antara keeper dengan hewan. Namun, bukan menjadi kepastian, lantaran ada juga hewan yang tidak memperdulikannya. Salah satu hewan yang faham saat dipangggil namanya adalah jenis kera.
Saat ini kondisi empat anak harimau sehat, meski ada salah satu anak yang harus diberi susu formula. Alasannya, satu anak yang berjenis kelamin betina tersebut selalu kalah berebut dengan anakan lainnya saat menyusu. "Badanya memang paling kecil. Jadi kalah berebut, selalu dicakar oleh anak harimau lainnya. Sehari sekali diberi susu formula dan sekarang perkembangannya semakin baik. Kalau nanti sudah seimbang dengan anak harimau lainnya maka tidak akan diberi susu formula. Biar alami," jelasnya.

Kondisi induknya sehat dengan porsi makan yang lebih banyak dibanding biasanya. Tiap hari Manis, nama induk betina, menyantap 5-6 Kg daging ayam ditambah sekilo daging sapi. Semasa menyusui, keeper selalu memantau jangan sampai pasokan makanan kurang. Lantaran akan berakibat pada jumlah air susu untuk anak-anaknya. Sementara anak-anak harimau diperkirakan bisa mulai makan daging saat berusia tiga bulan. Itu pun harus digiling terlebih dulu.

Banyak Pengunjung
Semenjak kelahiran empat anak harimau, jumlah pengunjung Bonbing Mangkang semakin meningkat. Banyak dari mereka yang berniat melihat anak-anak hewan yang bernama latin Panthera tigris tigris ini secara langsung. "Kalau nanti sudah sekitar tiga bulan mungkin baru bisa dipamerkan. Kalau sekarang, (harimau) belum bisa melek. Selain itu kasihan induknya. Jangan sampai stres dan malah tidak mau menyusui," terangnya.

Pihaknya sempat menggunakan kamera video yang khusus menanyangkan gerak gerik hewan tersebut. Sementara pengunjung bisa menyaksikannya dari luar kandang. (H81/JBSM/12)


Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous