Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Gurihnya Sate Kijang, Digemari Ibu Hamil


MENU FAVORIT-Bu Nasirun menyiapkan sebaskom daging kijang di warungnya depan Kantor Kecamatan Jenar, Sragen.( HARSEM/ANINDITO AN-JBSM )




SRAGEN-Para penggemar wisata kuliner, cobalah menikmati menu langka sate kijang. Daging kijang? Iya, kijang binatang berkaki kecil dan jenjang itu, banyak dicari orang.

Dagingnya bewarna cokelat kemerahan dan terasa gurih. Jarang pecinta wisata kuliner bisa menikmati sajian menu istimewa ini. Tapi daging kijang bisa dicicipi di warung Bu Nasirun.

Warung Bu Nasirun terletak di tikungan depan Kantor Kecamatan Jenar atau tepatnya di Dukuh Krakal RT 16 RW 05, Desa Dawung, Jenar, Sragen. Warung Bu Nasirun menyediakan aneka masakan berbahan baku daging kijang.

“Banyak ibu hamil kerap menanyakan sate kijang,” tutur Bu Nasirun. Mungkin karena sugesti, kalau ibu hamil menyukai daging kijang bayinya kelak menjadi orang yang lincah dan berkaki bagus.

Warung Bu Nasirun tidak mewah. Hanya kayu papan, namun kerap dikunjungi asal Solo, atau Ngawi. Mau sate kijang, terik, atau rica-rica kijang, bisa disajikan ditempat atau dibawa pulang.

Tak jauh dari warung Bu Nasirun, ada juga penjaja daging kijang, Mbah Gembeng namanya. Warung Mbah Gembeng berada di Jatimulyo, Mantingan, Ngawi, dekat tugu perbatasan Jateng - Jatim di Banaran, Sragen. Pasar Mantingan di timur tugu, belok kea rah utara sekitar 500 meter.

Dijaring
“Kalau sedang lewat, saya Tanya dulu ke penjualnya. Ada daging kijang tidak, jika ada ya mampir,” tutur Hardi, kontraktor proyek di Ngawi langganan Mbah Gembeng.

Jika Bu Nasirun tidak punya stok daging kijang, dia biasanya menghubungi Bu Darmi, putera Mbah Gembeng. Kadangkala kedua warung itu sama-sama memiliki daging kijang. Tapi bisa pula, keduanya kosong.

 “Selama kemarau, daging kijang sulit didapat,” tutur Bu Darmi. Sudah lebih sebulan Bu Darmi tidak menjual daging kijang. Masih mending Bu Nasirun, karena Sabtu dan Minggu lalu, masih menjual daging kijang. Minimal dua pekan sekali, Bu Nasirun masih mendapatkan daging kijang.

Pesan Bu Nasirun, sebelum mengunjungi warungnya dengan tujuan khusus mencari sate kijang alangkah baiknya menelepon terlebih dulu di ponsel 081329069299. 

Karena tidak setiap hari ada stok. Daging kijang itu dipasok petani hasil menjaring di hutan jati wilayah Mojoroto, Ngawi. Menu lain di warung itu adalah garang asem dan ikan patin. (Anindito AN-JBSM/16)

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous