Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Bus Lina Lani Ludes Terbakar di Tol



Bus PO Lina Lani H 1188 AH ludes terbakar di jalan tol Muktiharjo-Tembalang, tepatnya di KM 11+100 jalan tol seksi C, jalur B Semarang, Senin (21/1), sekitar pukul 09.30.

Beruntung tidak ada korban jiwa karena bus tersebut melaju dalam kondisi tanpa penumpang. Kendati demikian, bus itu tinggal rangka dalam hitungan menit. Bus yang dikemudikan Sukamat (54) dan dikerneti Purnomo (33), warga Karangrejo RT 01/RW 01, Dempet, Demak, itu sedang perjalanan dari Semarang menuju Magelang.

Insiden kebakaran hebat itu terjadi saat bus sedang berjalan. Di ruas tol KM 11+100 jalan tol seksi C, jalur B Semarang, Sukamat diberitahu oleh pengemudi mobil lain bahwa ada kobaran api di bagian tengah mobil. "Saya kaget saat menengok kebelakang ada asap. Lalu setir saya banting untuk berhenti dan kami pun meloncat turun," kata Sukamat.

Setelah berhenti, badan bus sempat mundur hingga menabrak pembatas jalan. Untung saja sopir beserta kernet berhasil menyelamatkan diri. Warga sekitar yang mengetahui peristiwa itu langsung berhamburan ke lokasi kejadian. Sedikitnya ada tiga warga berusaha membantu memadamkan api menggunakan alat seadanya. Namun api tetap garang melalap bus.

Saksi Devi Handoyo (28) mengatakan, mendengar suara ledakan sebelum akhirnya api melumat seluruh badan bus. "Ada suara 'duar'. Kami berlarian ke dan ikut menyiram api dengan air, tapi malah meledak," katanya di lokasi kejadian.

Menurut Handoyo, kejadian itu berlangsung sangat cepat. Bahkan dalam hitungan menit, bus itu habis dilumat api. "Kurang dari lima menit, api meludeskan busa di dalam bus, " timpal Purnomo (33), kernet bus.

Kasubag Manajemen Lalu Lintas Jasa Marga Cabang Semarang Eko Sudaryanto mengatakan, kebakaran bus bisa dijinakkan sekitar 20 menit kemudian. "Dua mobil tangki air dari PT Jasa Marga datang ke lokasi memadamkan api," katanya.

Akibat insiden itu, sempat terjadi tumpukan kendaraan di jalur tol tersebut hingga 1 kilometer. "Tapi bisa kami atasi, hanya tersendat saja. Setelah bus dievakuasi kurang lebih satu jam, akhirnya lalu lintas kembali normal," katanya. Belum diketahui penyebab kebakaran secara pasti. Namun diduga, api berasal dari selang rem. (abm/cun/rif)
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous