Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Hotel Hematkan Penggunaan Listrik

SEMARANG- Kalangan hotel terus mengintensifkan penghematan operasional listrik, menyusul kenaikan tarif dasar listrik (TDL) yang berlaku pada 1 Januari 2013 bagi pelanggan di atas 1.300 watt. Dari aspek bisnis, penghematan harus dilakukan agar tak terjadi lonjakan tajam pada biaya operasional.

''Penghematan harus dilakukan karena komponen biaya untuk listrik kontribusinya sekitar 10% dari operasional hotel,'' ungkap Managing Director Dafam Hotel Management (DHM) Andhy Irawan, kemarin.

Andhy mengakui, di semua jaringan hotelnya langkah penghematan terus diintensifkan dengan cara menurunkan tim khusus untuk memonitor penggunaan listrik yang tak perlu. Selain mematikan listrik sesuai jadwal, dari semua lift tamu yang ada cukup dioperasikan satu unit saja ketika low traffic atau saat malam hari.

Kendati TDL dinaikkan, lanjut dia, tak serta merta berimbas pada harga kamar ikut naik. Tarif kamar menurut Andhy, tak perlu harus dinaikkan sebab manajemen hotel sudah memiliki perhitungan mengenai hal ini.

Promotion Manager Grand Candi The Gallery Hotel, Harum Hendra Winata menandaskan, penghematan dilakukan dengan cara mengganti lampu dengan watt yang rendah sedangkan khusus untuk lampu yang frekuensi penggunaannya cukup tinggi memakai LED. Selain itu, upaya efisiensi unit-unit listrik besar seperti chiller, boiler, pompa, juga dilakukan secara intensif termasuk memasang converter daya listrik sehingga lebih hemat dan efektif pemakaian energinya.

''Lampu LED juga akan digunakan untuk lampu siang serta mengoptimalkan penggunaan kamar tiap lantai. Manajemen mengalokasikan kamar tamu di satu lantai dulu baru setelah penuh bergerak ke lantai lainnya jadi bisa lebih efisien listriknya,'' papar Harum.

Pengelola Hotel Dalu Grup juga terus berhemat agar energi yang digunakan benar-benar efisien. Yanti Yulianti, Direktur Grha Agrapana menambahkan, penggunaan alat-alat elektronik yang hemat energi menjadi salah satu langkah yang dijalankannya. Meski relatif lebih mahal, peralatan hemat energi ini dalam jangka panjang justru akan mengefisienkan pengeluaran biaya listrik. (J14-SMNetwork/yul)

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous