Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Mahfud Terkesan ’Jas Merah’



MALANG- Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD menilai, sekarang ini banyak pemimpin di Indonesia baik itu bupati, walikota maupun gubernur yang kecanduan kekuasaan. Hal ini terlihat dari masih inginnya mereka maju lagi mencalonkan untuk periode berikutnya. Padahal mereka sudah dua kali menjabat dan ketentuannya pun hanya dua periode.
            
"Karena kecanduan kekuasaan itu, sekali pun sudah habis jabatannya, akhirnya ia mencalonkan istrinya, anak-anaknya atau kerabatnya.  Tujuannya adalah untuk melanggengkan dinasti kekuasan. Hal lain dari kecanduan kekuasaan itu, banyak kepala daerah yang mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait aturan jabatan kepala daerah yang dibatasi hanya dua periode" kataMahfud MD usai memberikan kuliah tamu di penutupan student Day Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), kemarin.
    
Hal itu diakui sebagai dampak dari demokrasi Indonesia yang terlalu liberal. Karenanya, proses demokratisasi di daerah perlu dipelajari lagi baik-baik karena saat ini masih dalam proses eksperimen.
 
"Semua tergantung masalah etika dan moral saja, meski dalam Undang Undang sudah secara tegas diatur dan tidak perlu diperdebatkan lagi. Sebenarnya sah-sah saja kalau kepala daerah yang sudah habis masa  jabatannya dalam dua periode kemudian mencalonkan istri, anak atau pun kerabatnya. Apalagi kalau yang dicalonkan itu kapabel" kata Muhadjir Effendy, Rektor UMM.
   
Sementara itu, Mahfud MD juga terkesan dan menghargai slogan UMM dengan ‘Jas Merah’. "Ini tidak hanya bermakna harfiah karena memakai jas almamater berwarna merah melainkan juga bermakna 'jangan sampai melupakan sejarah'. Pemimpin harus belajar dari masa lalu untuk membangun integritasnya," pesan Mahfud.
   
Dalam pesannya, mahasiswa harus rajin-rajin membangun jaringan dan menggali informasi. Dengan demikian, apa yang dilakukan oleh mahasiswa tidak seharusnya perbuatan yang hanya mengandalkan untung-untungan melainkan karena perhitungan matang. Mimpi harus dibangun dengan optimisme yang besar.(JO/SMNetwork/njs).
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous