Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Taman Safari Penggaron Tak akan Rusak Lingkungan


Hutan Penggaron yang didominasi hutan pinus, rencananya dibangun Taman Safari




Oleh Hery Priyono

Gubernur Jateng Bibit Waluyo memastikan pembangunan Taman Safari di wilayah Hutan Penggaron, Ungaran  seluas 500 hektar tidak akan merusak lingkungan dan kelestarian alam.

Bahkan pada saat pembangunannya nanti, Bibit meminta agar investor jangan sampai mengurangi jumlah pohon disana. “Justru harus ditambah dan dalam pembangunan berbagai fasilitasnya nanti dilakukan dengan tidak merusak lingkungan. Mbangunnya tidak usah cut and fill seperti motong bukit atau gimana, apa yang ada itu yang dimanfaatkan. Dengan demikian kelestarian lingkungan hutan tetap terjaga,” ujar Bibit usai rapat pemaparan pembangunan Taman Safari, kemarin siang.

Lebih jauh Bibit menyampaikan, sebelum dilakukannya proses pembangunan, nantinya akan dilakukan terlebih dahulu penghijauan di bagian wilayah yang dirasa masih kurang tanamannya. Dengan demikian Hutan Penggaron tersebut tidak akan rusak tapi malah semakin hijau dan disela-selanya tersebut bisa digunakan untuk wisata Taman Safari.

“Dari paparan konsep yang disampaikan saya kira cukup baik, bahkan mungkin terbaik se-Indonesia. Walaupun jadinya lama dan bertahap, nantinya ini akan menjadi aset potensial dalam pengembangan pariwisata Jateng,” tukas Bibit.

Dibangun Bertahap

Sementara itu, Prijo Handoko Rahardjo selaku investor dari PT Botan Rahardjo Propertindo mengatakan, untuk investasi pembangunan tempat wisata tersebut pihaknya menganggarkan dana mencapai Rp 80 miliar. Sedangkan untuk pengerjaannya sendiri akan dilakukan secara bertahap dengan perkiraan penyelesaian rampung seluruhnya hingga 2015.

“Targetnya kalau semua lancar, mudah-mudahan di 2013 nanti sudah bisa ada yang dilihat dan diresmikan. Rencananya kalau di 2012 ini bisa mulai, mungkin pada 2015 mendatang sudah selesai rampung semua. Yang jelas pembangunannya dilakukan secara bertahap,” papar Handoko.

Rencananya, pihak Botan Rahardjo Propertindo pada Jumat (27/1) mendatang akan melakukan pemaparan konsep Taman Safari Penggaron tersebut di Kementerian Kehutanan, Jakarta. Hal tersebut dilakukan selain untuk menjelaskan konsep yang dibuat juga untuk meminta izin pengelolaan potensi hutan tersebut dari pihak kementerian. (tab)

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous