Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Bangunkarta Anjlok, Penumpang Telantar 6 Jam


PULANG BALIK: Gerbong nomor tiga kereta api (KA) Bangunkarta yang anjlok di Stasiun Gundih dibawa pulang ke Semarang. (SM/DHEKY KENEDI-JBSM)


GROBOGAN-Rangkaian gerbong nomor tiga Kereta Api (KA) Bangunkarta jurusan Pasar Senen-Jombang anjlok di Km 62,5 di Dusun Lebak, Desa Ledokdawan, Kecamatan Geyer, pukul 01.30 dinihari, Selasa (5/6). Tidak ada korban jiwa maupun luka, namun penumpang KA telantar selama enam jam di Stasiun Gundih. Penumpang harus menunggu proses evakuasi gerbong yang anjlok. 

Anjloknya gerbong bernomor K106706 KA Bangunkarta dengan masinis Sigit Sutarto (37) itu disebabkan bantalan rel terkena roda. KA Bangunkarta kelas eksekutif dengan nomor loko CC2030201 tersebut membawa rangkaian sembilan gerbong dengan 97 penumpang.

KA Bangunkarta bernomor 44 berangkat dari stasiun Pasar Senen membawa 106 penumpang. Sesampai di Stasiun Poncol Semarang, turun sembilan orang, sehingga perjalanan menuju Jombang tinggal menyisakan 97 penumpang. 

“Namun sesampai di Desa Ledokdawan anjlok. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, karena KA tidak terguling,” kata  Deputi Vice President Daop IV Semarang, Dwyana Selamet Riyadi, saat mengikuti proses evakuasi gerbong yang anjlok di Stasiun Gundih, kemarin. 

Evakuasi Terlambat
Ditambahkan, setelah terjadi anjlok, petugas langsung menghubungi Semarang dan meminta bantuan. Tetapi bantuan berupa pengangkut KA baru berangkat pukul 02.50 WIB dari Semarang. Mengingat jarak tempuh menuju lokasi  cukup jauh, baru tiba pukul 06.15 WIB. 

“Sembari dievakuasi, para penumpang diangkut ke Stasiun Gundih untuk beristirahat. Evakuasi penumpang menggunakan kereta cadangan. Baru setelah siap, penumpang diberangkatkan kembali pukul 08.00 WIB,”  imbuhnya didampingi Kepala Stasiun Gundih, Indriyanto.

Sementara, lanjut Dwayana, pihaknya belum bisa menghitung kerugian akibat anjloknya gerbong KA Bangunkarta itu. Terkait kejadian ini, jalur KA di titik itu ditutup sementara untuk perbaikan. “Tetapi sore nanti (kemarin) bisa dilewati kembali,” ungkapnya. 

Dari keterangan petugas stasiun setempat, jalur rel KA yang melewati Stasiun Gundih, Kecamatan Geyer dilewati lima KA setiap harinya. Yakni KA Brantas Jaya, KA Mataram Maja, KA Bangunkarta, KA Senja Singosari, dan kereta barang Bangun Semen. 

“Akibat anjloknya KA Bangunkarta, jalur kereta harus diperbaiki. KA Brantas Jaya dialihkan ke Stasiun Gambringan di Kecamatan Toroh,” kata Dwayana. (K11-JBSM/16) 

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous