Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

BKM Mitra Sejahtera Kembangkan Kegiatan Sosial Produktif


USAHA PRODUKTIF: Kios milik BKM Mitra Sejahtera yang merupakan aset usaha produktif.(HARSEM/WARA MERDEKAWATI)

BENDAN DHUWUR-Mengantisipasi tidak adanya dana bantuan langsung masyarakat (BLM) untuk kegiatan BKM, pengurus BKM harus menciptakan program produktif yang dapat menjadi sumber dana. Seperti halnya BKM Mitra Sejahtera Kelurahan Bendan Dhuwur Kecamatan Gajahmungkur yang mengembangkan kegiatan sosial produktif.

Kegiatan sosial produktif berupa kegiatan sosial namun memiliki hasil produktif yang nantinya bisa menjadi sumber dana BKM. Koordinator BKM Mitra Sejahtera Sugiyono mengatakan, pihaknya tengah mengembangkan kegiatan sosial produktif.

“Ini sebagai persiapan, karena ada wacana BLM sudah tidak ada lagi. Sehingga BKM perlu memiliki usaha produktif yang menjadi sumber dana. Di samping dapat membantu warga mendapatkan pendapatan, juga menjadi pemasukan BKM,” katanya.

Sugiyanto mengatakan, sudah ada beberapa kegiatan sosial produktif yang telah dilakukan BKM. Di antaranya, motor sampah yang melayani warga dalam hal pengangkutan sampah rumah tangga ke TPS. Motor sampah ini sudah melayani 3 wilayah RW, meliputi RW 01, RW 07, dan RW 03. “Motor sampah sudah memiliki 120 pelanggan,” ungkapnya.

Selain itu, kegiatan sosial produktif lainnya, melalui KSM Pamkita yang memenuhi kebutuhan air bersih warga setempat. KSM Pamkita ini membuat tandon air yang airnya disalurkan ke warga di wilayah RW 01 dan RW 06.

“Pamkita membantu warga yang belum terjangkau PDAM, ada 90 KK pelanggan. Kendalanya kurang anggaran untuk pengembangan ke wilayah lain di antaranya ke RW 05 yang kesulitan air bersih,” jelasnya.

BKM juga memiliki kios PKL yang berada di Jalan Pawiyatan Luhur, berupa unit fotokopi dan bengkel. “Kegiatan-kegiatan seperti inilah yang nantinya akan dikembangkan oleh BKM,” pungkasnya. (wam/16)

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous