Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Harga Elektronik Merangkak Naik Kenaikan Dipicu Pelemahan Rupiah


(harsem/dok)


SEMARANG- Harga jual produk elektronik diprediksi akan naik lebih dari 3% pada pertengahan tahun ini, kenaikan harga tersebut didorong oleh pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat.

Managing Director Superstore Global Elektronik Semarang Gouw Andy Siswanto menuturkan, nilai tukar rupiah berpengaruh besar terhadap naik turunnya harga jual produk elektronik ke konsumen. 

Dia menambahkan, kenaikan harga itu ditentukan oleh mata uang yang digunakan pabrikan dalam membeli bahan baku dalam proses produksi elektronik.

Menurut dia pelemahan nilai tukar rupiah tersebut, juga diprediksi akan menyebabkan penahanan distribusi barang dari distributor ke diler. 

''Biasanya, saat harga elektronik mulai naik, distributorakan buru-buru menahan barang, dan mengeluarkannya saat harga benar-benar sudah tinggi, hal itu untuk memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya,'' ujarnya kemarin. 

Selain itu, lanjut Gouw Andy, harga bahan baku produk elektronik seperti timah, besi baja dan karton sudah melambung tinggi. Hal ini menyebabkan sejumlah produsen elektronik akan menaikkan harga jual elektronik untuk mengatasi kerugian dan meningkatkan margin. 

''Diperkirakan harga produk elektronik akan terkoreksi, namun industri elektronik dalam mengoreksi harga biasanya masih butuh waktu dua sampai tiga bulan ke depan,'' katanya. 

Sementara itu, mengenai penjualan elektronik di bulan Juni ini, Gouw Andy menyatakan, menghadapi musim liburan penjualan elektronik akan ramai. Meski harga jual akan naik namun animo konsumen membeli produk elektronik masih tinggi karena kebutuhan. Produk yang paling laris, kata dia, seperti air conditioner (AC), kipas angin dan lemari es. ''Cuaca yang panas membuat konsumen memilih produk tersebut,'' imbuhnya. 

Branch Manager PT Panasonic Gobel Indonesia, Thomas Effendi menuturkan, untuk tipe terbaru, sudah ada penyesuaian naik lima persen. Sejumlah harga produk terbaru misalnya televisi LCD-LED, air conditioner (AC), mesin cuci, dan kulkas akan melambung. (K14/JBSM/14)

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous