Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Jalan Sumber Mas Diuruk Swadaya


SUDAH DITANGGUL: Tanggul sungai di sekitar Tanah Mas sudah diperkuat menggunakan tanah. (HARSEM/CUN CAHYA)
 
PANGGUNG KIDUL-Akibat sering terendam air banjir dan rob, beberapa jalan di wilayah Kelurahan Panggung Kidul Kecamatan Semarang Utara mengalami kerusakan parah. Di antaranya Jalan Sumber Mas, dan Jalan Kalimas Barat.

Lurah Panggung Kidul Nguncardiyo mengatakan, sudah dilakukan peninggian jalan, dengan cara swadaya oleh warga setempat.

“Jalan Sumber Mas sudah ditinggikan dengan swadaya masyarakat. Bentuknya berupa pengurukan setinggi 40 cm. Ini dilakukan untuk menutup lubang jalan akibat rob dan banjir yang sering menggenangi jalan tersebut,” katanya.

Jalan Kalimas Barat telah mendapat perbaikan, meski hanya 200 meter. Menurutnya, masih perlu perbaikan infrastruktur seperti jalan di wilayah Panggung Kidul dengan cara pavingisasi. Mengingat wilayah Panggung Kidul sering terkena rob dan banjir, sehingga kalau aspal tidak tahan lama.

“Perbaikan Jalan Sumber Mas sudah masuk prioritas musrenbang melalui kecamatan. Karena jika menggunakan dana kontingensi tidak cukup. Warga sudah membantu secara swadaya untuk pengurukan jalan,” jelasnya.

Padahal, lanjut Nguncardiyo, jalan tersebut merupakan jalan utama menuju Pasar Sumber Mas yang merupakan tempat kegiatan perekonomian. Dengan rusaknya akses jalan tersebut, pasar Sumber Mas menjadi sepi pembeli.

“Memang rusaknya akses jalan membuat pasar sepi. Kami akan mengajukan perbaikan jalan, karena kalau akses jalan bagus otomatis pasar maupun tempat usaha di sepanjang Jalan Sumber Mas bisa hidup kembali. Agar kegiatan perekonomian mulai bergairah kembali,” pungkasnya.

Tanggul Bocor

Sebelumnya, warga mengeluhkan bocornya sungai Kali Asin. Padahal sudah ditambal dengan tanah lempung.  Air sungai membasahi beberapa titik Jalan Kalimas di sebelah barat sungai.

Dikatakan Pelaksana lapangan Paguyuban Pengendalian dan Penanggulangan Air Pasang Panggung Lor (P5L), Odit Maryuanto, kebocoran karena volume sungai tidak mampu lagi menampung debit air. “Selain bocor, air sungai juga meluap,” katanya, kemarin.

Odit menyatakan, masih ada empat titik di Jalan Kuala Mas sepanjang 1 kilometer meter yang terkena imbas kebocoran tanggul sungai Kali Asin. Bahkan, kalau sore hari beberapa titik di air di sungai tersebut juga meluap ke Jalan Hasanudin. “Prediksi kami luapan sungai akan semakin tinggi,” lanjutnya.

Untuk mengantisipasinya, kata Odit, pihaknya bersama warga Kelurahan Panggung Lor  akan meninggikan jembatan daerah setempat yang rawan terkena luberan luapan sungai tersebut.

Odit mengaku, sudah mengajukan bantuan  tanah kepada Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pamali-Juana Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum untuk menambal kebocoran tersebut.

“Untuk antisipasi sementara, kami minta bantuan tanah untuk menambal kebocoran. Karena dampaknya tidak dialami Kelurahan Panggung Lor, tapi juga Kelurahan Kuningan,” ujarnya.

Menurut Odit, agar meluap perlu segara dilakukan normalisasi. Sebab setiap air pasang naik, air meluber ke jalan.  “Kami juga minta dibuatkan talud permanen, agar tidak mudah bocor,” katanya.

Camat Semarang Utara Djaka Sukawijana menambahkan, sesuai program pemerintah, sungai akan dikeruk. Saat ini masih dalam tahap penelitian struktur tanah maupun kedalaman sungai. “Kapan waktunya, kami masih menunggu,” tandasnya. (wam/lif/16)

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous