Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Lomba Siskamling, Tangkap Maling


LOMBA SISKAMLING: Petugas ronda menenangkan warga yang hendak menganiaya pencuri kambing yang tertangkap. HARSEM/ROSYID RIDHO-JBSM 


KENDAL-Ketenangan warga Dusun Ngadipurwo RT 2 RW 4, Desa Purwogondo, Kecamatan Boja, Selasa (5/6) malam terusik. Salah satu rumah tetangga mereka dimasuki pencuri. Pelaku yang hendak membawa kabur seekor kambing, berhasil ditangkap petugas ronda. 

Peristiwa bermula ketika empat warga melakukan siskamling. Dua di antaranya berpatroli keliling kampung. Tiba-tiba, mereka dikejutkan teriakan maling dari salah satu rumah. Mereka mengepung pelaku yang berusaha kabur. Warga yang emosi, berusaha main hakim sendiri. 

Namun, berkat kesigapan petugas ronda, pencuri yang menggunakan penutup kepala warna hijau, diamankan dan dibawa ke pos kamling. Mereka kemudian menghubungi ketua RT dan kepala desa setempat yang diteruskan ke babinkamtibmas. 

Warga yang emosi menggeruduk pos kamling dan ingin melampiaskan kemarahan, tetapi dapat dicegah. Petugas babinkamtibmas yang datang ke lokasi membawa pencuri ke kantor polisi. 

Kasus pencurian kambing merupakan simulasi dalam lomba Simkamling tingkat Kabupaten Kendal yang digelar pemkab bersama Polres. Kegiatan berlangsung 5 - 13 Juni, untuk memperingati HUT ke-66 Bhayangkara dan HUT ke-407 Kabupaten Kendal. Lomba diikuti 20 kecamatan. Masing-masing kecamatan diwakili satu pos kamling. 

Bupati Widya Kandi Susanti mengatakan, siskamling perlu digalakkan kembali untuk mendorong partisipasi warga. “Salah satu kekompakan dimulai dari siskamling. Dengan kebersamaan, pembangunan dari skala kecil hingga besar akan terwujud sesuai harapan,” tuturnya. 

Kapolres Kendal AKBP Kusdiantoro melalui Kasubbag Humas AKP Suratno menjelaskan, penilaian terdiri atas fisik berupa bangunan pos kamling, lokasi, dan kerapian. Juga kelengkapan seperti kentongan, lampu senter, tanda jaga, jas hujan/payung, dan tongkat atau pentungan. 

Faktor lain adalah penanganan pertama gangguan kamtibmas dan kasus tertangkap tangan, hingga koordinasi dengan Polri, pemadam kebakaran, PLN, ambulans dan yang lainnya. 

“Tim penilai dari pemkab dan polres. Pemenang akan mewakili Kendal maju tingkat Jateng,” jelas Suratno. (H36-JBSM/16)

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous