Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Siapa Pemilik Tanah Kampung Karang Jangkang? Warga Minta Bukti Sertifikat


BUTUH KEPASTIAN: Inilah salah satu suduh Kampung Karang Jangkang. Sejauh ini belum diketahui siapa pemilik lahan itu. Warga minta orang yang mengklaim sebagai pemilik bisa menunjukkan sertifikat kepemilikan. (Foto: Harsem/Lissa Febrina)
 
WARGA RT 03, 09, dan 10 RW 04 Kampung Karang Jangkang, Kelurahan Ngemplak Simongan, Kecamatan Semarang Barat, meminta bukti adanya surat kepemilikan tanah yang menjadi masalah hingga saat ini.

Dengan surat bukti tersebut, masalah tentang sengketa tanah seluas 4.000 meter persegi antara warga dengan salah satu pengusaha Semarang itu menjadi jelas.

Hal itu disampaikan Putu Ariyasa (37), juru bicara warga Karang Jangkang. Menurutnya, jika tidak ada bukti surat kepemilikan, maka tanah itu memang benar-benar tak bertuan. Dan warga yang sudah menempati daerah tersebut selama puluhan tahun berhak mengajukan permohonan penguasaan tanah.

“Selama ini, warga secara kolektif sudah berusaha mengajukan permohonan. Tapi dari pihak kelurahan selalu mempersulit dengan menjelaskan bahwa tanah tersebut sudah ada yang memiliki," ujar Putu, kemarin.

Pihaknya juga menyesalkan kebijakan kelurahan yang mengeluarkan surat pernyataan tidak sengketa dan surat penguasaan tanah tersebut. Surat dengan nomor 593/94 yang ditandatangani langsung oleh Lurah Ngemplak Simongan Pranyoto tanggal 29 Desember 2011, menjadi bukti bagi pihak Putut Sutopo untuk mengklaim tanah warga. Padahal warga yang ingin mengajukan surat serupa, selalu dipersulit.

“Orang lain boleh mengklaim kepemilikan tanah, tapi harus disertai surat resmi dari BPN. Kalau tidak, warga berhak untuk mengajukan permohonan surat penguasaan tanah dan tetap bertahan di sini,” tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, satu pekan ini situasi Kampung Karang Jangkang sedikit tegang. Warga melakukan penjagaan ketat di seluruh wilayah, pasca dilakukannya pengukuran tanah oleh petugas. Tidak ingin kejadian terulang, warga setempat beberapa hari terakhir secara bergantian berjaga-jaga di sekitar kampung. (lif/12)

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous