Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

SLBM Biasakan Warga Hidup Bersih

SANITASI: Bangunan untuk keperluan sanitasi milik RW 04 Kelurahan Kaliwiru
(HARSEM/WARA MERDEKAWATI)

KARANGANYAR GUNUNG-Banyaknya warga yang belum memiliki WC di wilayah RW 04 Kelurahan Karanganyar Gunung Kecamatan Candisari mengundang keprihatinan warga dan kelurahan setempat. Atas dasar itulah, dijalankan program sanitasi langsung berbasis masyarakat (SLBM) yang dikelola KSM Bina Manunggal Sejahtera.

Ketua KSM Bina Manunggal Sejahtera Zamroni mengatakan, sebelumnya banyak warga yang masih buang air di kali dan juga banyak saluran septik tank warga yang mengalir ke kali. “Dengan bantuan dari DTKP, kami membuat septik tank komunal yang dilengkapi kamar mandi dan tempat untuk mencuci,” katanya.

Di atas lahan seluas 100 meter ini, terdapat dua WC, dua kamar mandi, tempat cuci dan tempat penampungan air. Dana yang digunakan untuk pembuatan ini, sebesar 549 juta dengan menggunakan dana APBN/APBD dan swadaya masyarakat.

“Selain untuk sanitasi pembuangan, juga merintis penyaluran air yang kebetulan di samping bangunan terdapat sumber air yang bisa dimanfaatkan warga setempat. Sampai saat ini sudah ada 64 rumah yang sudah terpasang pemipaan,” jelasnya.

Dalam pengelolaannya, SLBM dikelola secara swadaya oleh masyarakat. Dana tersebut nantinya untuk biaya operasioanl listrik dan biaya perawatan.

“Dalam jangka pendek, kami akan memasang aliran air untuk warga RW 04. Jadi warga yang belum teraliri dari PDAM dan dari Tirta Anugrah bisa dialiri melalui air yang tertampung,” ungkapnya.

Lurah Karanganyar Gunung Purwadi Saputra mengatakan, ke depannya SLBM ini akan dibangun seperti septik tank komunal plus. Sehingga dalam tampungan septik tank bisa diolah menjadi pupuk maupun gas.

“Warga sudah banyak memanfaatkan, nantinya juga akan dikembangkan untuk pengolahan limbahnya. Seperti halnya yang di Bustaman. Dengan keberadaan SLBM ini, dapat mengubah perilaku warga menajdi lebih baik, dan memotivasi untuk PHBS,” ungkapnya. (wam/16)

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous