Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Bendung Karet Kalijajar Robek 5 Meter PDAM Tak Bisa Produksi Air Bersih

(HARSEM/SUKMAWIJAYA)
ROBEK MELEBAR : Robek di Bendungan Karet Kalijajar kian melebar, PDAM tak bisa memproduksi air bersih
DEMAK- Bendung Karet Kalijajar di wilayah Dukuh Dero, Desa Jatirogo, robek di sebelah utara. Akibat nya PDAM lumpuh, tak bisa memproduksi air bersih. Bendung yang berdiri sejak 22 April 1996 ini, bocor sepanjang lima meter. 

Sedianya bendung yang membentang di sungai Jajar itu, berfungsi sebagai pemisah air laut dan air tawar. Karena karet bisa mengembang serta mengempis, bendungan sekaligus menjadi pembagi banjir di wilayah sungai tersebut.

“Kondisi robek terjadi pada karet ban lapisan luar dan lapisan dalam,” ungkap Kepala Cabang PDAM Bonang Ahmarno, saat mengontrol kerusakan bendungan, kemarin. Selama ini Instalasi Pengolahan Air (IPA) Dero PDAM Cabang Bonang, selalu mengambil air baku dari sungai Jajar. Namun karena bendung karet rusak PDAM tak bisa mengambil air baku tawar untuk memproduksi air bersih.

Seorang ibu rumah tangga, Sumiati (32), warga Desa Jatirogo mengaku kesulitan air, sudah tiga hari sejak PDAM tak mengalir, terpaksa keluarganya membeli air dalam jirigen untuk konsumsi air minum,   mandi atau mencuci.

“Satu jirigen isi 20 liter seharga Rp 3.500, bila sehari dua jirigen, pengeluaran kami semakin membengkak,” keluhnya. Terpisah, Direktur PDAM Kabupaten Demak H Prajitno menjelaskan, sejak bulan Agustus 2012, bendung sudah robek, namun dalam minggu ini robek di karet semakin melebar. “Bahkan ban dalam bendungan juga robek, sehingga karet tak bisa lagi di pompa dengan angin,” tambahnya.

PDAM Cabang Bonang merupakan intalasi pembantu, selama ini telah mengaliri 3.584 rumah tangga di Kecamatan Bonang dan 3.720 pelanggan di Kecamatan Wedung. IPA Dero cukup bagus dengan dua mesin intake (menyedot air sungai) berkekuatan 50 liter per detik dan menghasilkan air bersih 45 liter per detik.

“Bisa saja IPA Dero dipaksa untuk memproduksi air bersih, namun hasilnya air akan terasa asin, karena air laut sudah melimpah ke areal hisap IPA Dero,” ungkap Prajitno. Dengan kondisi tersebut, dia sekaligus meminta maaf pada masyarakat karena kondisi bendung Karet yang rusak, produksi air dari IPA Dero dihentikan sementara. (swi/15)
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous