Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Kemarau, Saniman Terpaksa Cari Rumput di Dasar Sungai

(HARSEM/SUKMAWIJAYA)
MASUKKAN RUMPUT : Saniman memasukkan rumput dalam karung agar mudah diangkut dengan sepeda onthel



DEMAK- Akibat rumput di wilayahnya mengering karena musim kemarau, Saniman (75), warga Desa Mrisen Kecamatan Wonosalam, rela bercapek-capek mencari rumput di dasar sungai yang dianggapnya masih hijau-hijau.

Berbekal sepeda angin (onthel) kakek yang sudah mempunyai cicit ini, mencari rumput hingga belasan kilometer dari rumahnya. Setiap hari dia harus mencari rumput demi menghidupi ternak kambing yang menjadi aset kekayaannya di desa.

Karena beberapa rumput di lokasi desanya banyak yang mengering, Saniman mencari rumput di dasar sungai yang sudah mengering. “Biasanya kalau sungai kering, ada beberapa rumput yang hidup,” ungkapnya.

Ketika sungai Kanal Jebor wilayah Desa Bango Kecamatan Demak mengering, Saniman turun ke dasar sungai dan memotongi beberapa rumput dimasukkan dalam karung yang dibawanya dari rumah. Setelah penuh, dia segera membawanya pulang untuk makan kambing-kambingnya.

Sungai Kanal Jebor merupakan saluran pembuangan sejumlah sungai yang bersumber dari Waduk Kedung Ombo dan beberapa minggu ini masih mengering. Sehingga Saniman dengan leluasa untuk mengambil rumput di dasar sungai.

Dirinya mengaku memiliki empat kambing betina, satu kambing Gibas pejantan, dan 8 anak kambing. Karena itu Saniman harus mencari rumput minimal satu sak untuk makan ternaknya sehari. Kendati dia memiliki anak, tapi Saniman tak mau merepotkan anaknya sendiri. Kemungkinan saat musim kemarau, dirinya sementara harus bersusah payah mencari rumput di dasar sungai. (swi/15)

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous