Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Jokowi Ajukan Surat Pengunduran Diri

USULKAN CALON: Warga menuliskan nama bakal calon Wakil Wali Kota (Wawali) Surakarta dalam sebuah spanduk di Jalan Slamet Riyadi, kemarin (30/9). ( HARSEM/YUSUF GUNAWAN-JBSM )



SOLO-Surat pengunduran diri Wali Kota Surakarta, Joko Widodo (Jokowi), akhirnya siap diajukan ke DPRD. Surat telah ditandatangani dan telah dilengkapi berkas administrasi yang dibutuhkan, kemarin.

“Surat penetapan tentang pemenang Pilkada DKI Jakarta sudah saya terima, kemarin (Sabtu, red), dan akan digunakan sebagai lampiran surat pengunduran diri. Hari ini, surat pengunduran diri sudah selesai disusun dan ditandatangani,” ungkap dia, saat dijumpai di rumah dinas Wali Kota.

Jokowi menambahkan, hari ini surat tersebut rencananya diserahkan kepada pimpinan legislatif untuk segera diproses. Ia mempercayakan pengiriman surat kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Budi Suharto, untuk diterimakan kepada Sekretariat DPRD.

“Selanjutnya, saya pasrah dengan keputusan DPRD. Pemrosesan surat tersebut menjadi kewenangan Dewan.”

Di hadapan wartawan, Jokowi menandatangani satu bendel surat bertuliskan ‘Pemberitahuan Berhenti Sebagai Wali Kota Surakarta’ dan ditujukan kepada Ketua DPRD. Draft itu rencananya diberi nomor surat setelah ditandatangani.

Surat dilampiri satu berkas bertuliskan ‘Penyampaian Hasil Rekapitulasi Penghitungan Suara dan Penetapan Hasil Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Putaran Kedua’. 

Terdapat sebuah surat bernomor 693/KPU-Prov-010/IX/2012 yang diterbitkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta, tertanggal 29 September 2012.

Beberapa saat sebelum menandatangani surat, Jokowi bertemu Ketua DPRD YF Sukasno di lokasi yang sama. Mereka melakukan pembicaraan tertutup selama sekitar 10 menit.

Dijumpai sebelum pertemuan, Sukasno menerangkan, rapat badan musyawarah (banmus) rencananya digelar dalam hari yang sama dengan diterimanya surat pengunduran diri.

“Rapat akan membahas pelaksanaan rapat paripurna, dengan usulan agenda pemberhentian Jokowi sebagai wali kota dan pengangkatan FX Hadi Rudyatmo sebagai wali kota yang baru,” kata dia.

Hasil rapat paripurna, imbuhnya, bakal diserahkan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri, melalui Gubernur Jateng. “Tapi ini berangkat dari asumsi, besok (hari ini, red) surat tersebut telah kami terima,” jelasnya.

Sementara, sejumlah warga mengusulkan nama calon wakil walikota baru dalam sebuah spanduk di Jalan Slamet Riyadi, kemarin. Kegiatan yang disponsori KNPI Solo dan Republik Aeng-aeng ini untuk menjaring calon wawali baru setelah Jokowi mengundurkan diri untuk menjadi Gubernur Jakarta. (H73-JBSM/16)

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous