City Car Bersaing Ketat di Pasaran
MELIHAT-LIHAT: Pengunjung sedang melihat-lihat mobil kelas city car pada pameran Semarang Motor Show 2012 di Java Supermall, kemarin. |
SEMARANG- Popularitas kendaraan jenis city car atau mobil kota semakin diminati warga perkotaan. Kecenderungan memilih kendaraan jenis ini disebabkan kemacetan yang umumnya terjadi di kota-kota besar. Tingginya peminat membuat sejumlah Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) memacu penjualannya city car.
PT KIA Mobil Indonesia (KMI) misalnya, berupaya menggenjot penjualan All New Picanto miliknya. Meskipun merek lain ramai-ramai meluncurkan kelas city car yang baru, KIA optimistis tak akan tergeser. Kepala Cabang PT KIA Mobil Indonesia (KMI) Wilayah Semarang, Liem Iwan Siswanto menuturkan, beberapa pesaing tahun ini meluncurkan mobil mungil dengan konsep Low Cost Green Car (LCGC). Tentu saja, harga untuk satu unitnya relatif murah di bawah Rp 100 juta.
Menurut Iwan, pembatasan BBM bersubsidi yang melarang kendaraan di atas 1.500 cc menggunakan BBM bersubsidi membuat sejumlah ATPM mencoba meluncurkan produk baru dengan menyasar mobil di bawah 1.500 cc. Agar tidak terimbas oleh kebijakan pemerintah itu, beberapa produsen mobil mengeluarkan mobil dengan cc rendah namun masih banyak peminat.
''Banyaknya pesaing yang menyasar city car membuat kami berupaya keras menggenjot penjualan di segmen ini hingga akhir tahun,'' katanya kemarin.
Ia menambahkan, All New Picanto merupakan mobil global asal Korea yang banyak diminati di seluruh negara. Beragam penghargaan diterima KIA untuk mobil jenis ini, yaitu penghargaan kategori The Best City Car dari Indonesian Car Lifesty Award.
Saat ini konsumen lebih memilih mobil dengan dimensi lebih kecil agar mudah melibas jalanan macet di Semarang.
Pasar mobil jenis ini pun semakin bergairah, ditandai angka penjualan yang terus merangkak naik. Tercatat, selama Januari-Oktober tahun ini penjualan mobil KIA semua merek di wilayah Semarang mencapai 425 unit atau meningkat sekitar 30% dibanding tahun 2011. Sampai akhir tahun ini, pihaknya menargetkan penjualan 600 unit.
Respon yang baik juga dirasakan oleh Mitsubishi. Pabrikan Jepang ini menggebrak pasar Indonesia dengan city car Mirage. Baru satu bulan diluncurkan, Mirage sudah terjual 1.134 unit.
Mitsubishi Indonesia mematok penjualan Mirage per bulan sebanyak 1.000 unit. (K14-jbsm/yul )
Labels
Bisnis
Post A Comment
No comments :
Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.