Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Kirab Budaya Hari Jadi ke 335 Brebes Bupati Naik Kereta Kencana

HARSEM/SMNetwork/Wahidin Soedja

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE dan suami Kompol Drs H Warsidin berpakaian Jawa naik kereta kencana dalam kirab budaya memperingati Hari Jadi ke 335 Kabupaten Brebes, kemarin.




BREBES- Puncak kegiatan Hari Jadi ke 335 Kabupaten Brebes, kemarin, diisi  kirab budaya dengan menampilkan aneka kesenian tradisional khas Brebes. Seluruh peserta kirab mengenakan pakaian khas Jawa, naik kereta kencana dan dokar yang dikawal para prajurit ala jaman kerajaan.
 
Kirab dimulai pukul 10.00 dari kompleks Perumnas Kaligangsa menuju Kota Brebes. Barisan pertama Senopati atau Panglima dengan pekaian seorang panglima naik kuda. Kemudian disusul prajurit pengawal berkuda yang berjumlah empat orang, disusul Wali Songgo mengenakan jubah putih naik kuda. Di belakangnya, mobil hias membawa pataka atau bendera Kabupaten Brebes.
 
Rombongan berikutnya kereta kencana yang dinaiki Bupati Hj Idza Priyanti SE dengan suami Kompol Drs H Warsidin. Keduanya mengenakan pakaian khas Jawa, sang suami lengkap dengan blangkon. Ikut serta pula putri putri Bupati dan keluarganya, dengan kereta kencana di belakangnya.
 
Kemudian Wakil Bupati Narjo dan istri serta anggota Forkominda, serta kepala SKPD, Camat dan anggota DPRD semua dengan istri mengenakan pakaian jawa. Khusus kepala SKPD naik dokar hias yang berjumlah 50 dokar. Kemudian paling belakang peserta kirab menggunakan sepeda motor dari PLKB Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Brebes.
 
Iring-iringan pejabat dengan kereta kencana dan dokar hias, disambut antusias warga Kota Brebes. Mereka berjajar di pinggir jalan untuk menyaksikan tontonan langka ini. Menurut Ketua panitia Drs H Khambali, peringatan hari jadi kali ini merupakan lima tahunan, sehingga dilengkapi dengan kirab budaya seperti pernah dilakukan lima tahun lalu.
 
Rombongan kirab di depan Hotel Kecana Jl Gajah Mada, disambut kesenian tradisional seperti, Buroq, Kuda Lumping, Reog Darodog, Calung Tek-Tek dan lainnya. Rombongan kesenian jalan kaki mengikuti dari belakang yang menggunakan dokar.
 
Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Brebes Lukman Suyanto SH mengatakan, kesenian tradisional yang ikut meramaikan kirab budaya berasal dari 17 kecamatan. Kesenian itu, pernah tampil di TMII sebagai perwakilan Jateng. ''Kita berupaya melestarikan budaya leluhur dengan ikut meramaikan kirab budaya ini,''
 
Prosesi kirab yang berakhir di alun-alun Kota Brebes, diakhiri dengan penyerahan pataka dari panglima Suparyanto SKar kepada Wakil Ketua DPRD Brebes H Asmawi Issa SH, kemudian diserahkan lagi ke Bupati Hj Idza Priyanti SE. Kemudian dikembalikan lagi ke panglima Suparyanto untuk ditaruh di pendapa kabupaten.(wh/SMNetwork/njs)
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous