Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Lhadalah, Ada LKS Bergambar Babi

Seorang guru menunjukkan LKS bergambar hewan babi yang disusun KKG Bahasa Inggris Salatiga.
HARSEM/HERU SANTOSO
SALATIGA–Berita tentang lembar kerja siswa (LKS) makin aneh-aneh saja. Kali ini, di LKS SD muncul gambar babi dalam materi ‘makanan dan minuman’. Padahal bagi umat Islam, babi tergolong haram.

IRONISNYA lagi, LKS itu ditemukan di SD Muhammadiyah Plus Salatiga. Terang saja, hal itu membuat geger. Untungnya, LKS belum sempat dibagikan kepada siswa. Sehingga sekolah berhasil menarik sebelum sampai ke tangan pelajar. Akhirnya, Rabu (16/1) kemarin, puluhan buku LKS Bahasa Inggris tersebut ditarik dan dikembalikan.

Kepala SD Muhamadiyah Plus Kota Salatiga, Sutomo menyatakan, bahwa gambar hewan babi dan daging babi tersebut ada di halaman 18 LKS Bahasa Inggris yang dibuat KKG Guru Bahasa Inggris. Harga LKS Rp 4.000 per eksemplar.

Sedangkan penerbitnya dari Solo. Terungkapnya hal tersebut saat dilakukan pemeriksaan di sekolah yang berlokasi di Jalan Suropati, Togaten, Kelurahan Mangunsari, Kecamatan Sidomukti, Salatiga.

“Sebelum LKS dibagikan kepada para siswa, terlebih dulu kita cek dengan teliti. Ternyata, pada salah satu halamannya memuat gambar hewan babi dan gambar daging babi. Akhirnya, LKS kita kembalikan kepada KKG untuk direvisi jika perlu dilakukan perubahan,” jelas Sutomo.

Dalam materi itu siswa diharapkan memiliki kemampuan untuk memamhami dan mengenal makanan dan minuman dalam bahasa Inggris dan mengucapkan dengan benar.

Kurang Pas
Kompetensi dasar yang disebutkan dalam bab III halaman 18 itu di antaranya siswa diharapkan memahami teks sederehana yang berhubungan dengan makanan dan minuman. Serta menuliskan hal-hal yang berhubungan dengan makanan dan minuman dengan benar.

Dalam LKS itu, dicontohkan ada 16 gambar dan tulisan dalam bahasa Inggris. Salah satunya adalah pork yang berarti daging babi. 

Kemudian di lembar berikutnya halaman 19, ada pertanyaan untuk mencari padanan kata-kata itu ke dalam bahasa Indonesia. Kata daging babi juga terdapat dalam kolom jawaban.

Ditambahkan, jumlah buku LKS bahasa Inggris yang dibagikan sebanyak 60 eks untuk kelas 3. Buku LKS tersebut dinilainya kurang pas dibagikan kepada siswa SD Muhamadiyah yang dalam hal ini berhaluan Islam. Pasalnya, hewan babi adalah haram bagi umat Islam.

Sementara, Kepala Urusan (Kaur) Kurikulum SD Muhamadiyah Plus Salatiga, Marijo menambahkan, dalam lembar LKS tersebut begitu jelas memuat materi tulisan dengan judul “foot and drink” dan “makanan dan minuman”. Jika dibiarkan akan mengkhawatirkan bagi pemahaman siswa didik yang masih berusia belia.

Selain itu, jika disampaikan dalam pembelajaran, asumsinya hewan babi dan daging babi itu boleh dikomsumsi oleh umat Islam. Hal ini jelas bertentangan karena hewan babi dan daging babi itu haram untuk dikomsumsi. (hes/nji)

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous