Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Pasar Motor Akan Turun 15 Persen

Kecenderungan turun harga-harga komoditas juga masih akan memengaruhi permintaan sepeda motor
di dalam negeri, terutama di luar Pulau Jawa  (Dok Harsem)
DITERAPKANNYA kebijakan uang muka minimal pembiayaan syariah sebesar 20 persen per 1 Januari 2013 ini diyakini menjadi salah satu pemicu penurunan pasar sepeda motor di tahun 2013. Bahkan pasar sepeda motor nasional 2013 ini diproyeksi akan turun sekitar 15 persen.

Direktur Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Sigit Kumala memprediksi kontraksi di pasar sepeda motor Indonesia masih akan berlanjut pada 2013. Salah satu penyebabnya adalah penerapan aturan uang muka (down payment/DP) minimal 20 persen untuk pembiayaan syariah, yang selama ini berkontribusi sekitar 70 persen terhadap kredit kendaraan bermotor.

“Pada 2013, kemungkinan pasar sepeda motor akan mengalami kontraksi atau minus sekitar 15 persen,” kata Sigit dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (5/1).

Selain itu, lanjut Sigit, kecenderungan turun harga-harga komoditas juga masih akan memengaruhi permintaan sepeda motor di dalam negeri, terutama di luar Pulau Jawa.Terlebih ada potensi kenaikan harga jual sepeda motor pada tahun ini, yang merupakan implikasi logis dari kenaikan upah minimum pekerja dan depresiasi rupiah.

Disebutkan Sigit, kontraksi tersebut merupakan kelanjutan dari pertumbuhan negatif  tahun 2012, yang hanya mampu menjual 7,1 juta unit atau lebih rendah dibandingkan 2011 yang mencapai 8,013 juta unit. (ty/yul)


Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous