Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Proyek e-KTP Dorong Penjualan Komputer

Salah satu pengunjung melihat produk komputer saat pameran di Java Supermall Semarang, belum lama ini.
SM/Fista Novianti
SEMARANG-Proyek Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) yang dicanangkan pemerintah turut mendorong penjualan komputer seluruh merek ternama.

PT Hewlett Packard (HP) Indonesia misalnya, menjadi salah satu pemasok perangkat dalam proyek senilai Rp 5,8 triliun dari pemerintah. Perusahaan vendor komputer global merek HP itu memasok produk desktop personal computer (PC) tipe Pro 3300 kepada perusahaan pemenang tender proyek e-KTP. Beberapa vendor lain yang diketahui memasok perangkat di proyek nasional ini antara lain Microsoft dan Cisco.

Category Director Personal System Group PT HP Mariana Kasim mengatakan, proyek e-KTP mendorong penjualan komputer merek HP. Diperkirakan, dengan adanya proyek itu bisa terjadi peningkatan penjualan hingga 20%. Menurut dia, penjualan PC masih akan cerah meskipun muncul komputer tablet.

Ia menuturkan, PC akan masih banyak dibutuhkan utamanya untuk keperluan kantor maupun proyek e-KTP dari pemerintah.

Penjualan komputer HP di tahun ini, kata Mariana, masih akan cerah seiring makin tingginya kebutuhan masyarakat akan produk teknologi informasi (IT). Guna mendorong penjualan perangkat IT maka tak heran sejumlah merek justru semakin gencar mengincar produk lain yang saat ini makin diminati. Komputer tablet, adalah salah satu produk yang akan banyak diproduksi oleh sejumlah brand. Bahkan beberapa merek sudah tidak lagi membuat laptop murah lagi.

Netbook merek Asus dan Acer misalnya, memutuskan untuk tidak membuat laptop murah lagi. Keputusan tersebut resmi dilakukan mulai 1 Januari 2013. Selain Asus dan Acer, berbagai perusahaan komputer dunia juga meramaikan pasar netbook, seperti HP, Toshiba hingga Dell. Lantas munculah komputer tablet yang dipelopori dengan iPad buatan Apple pada awal 2010, yang diikuti tablet-tablet dengan sistem operasi Android.

Dengan harga relatif sama, beberapa di antaranya bahkan lebih murah sehingga pengguna komputer dihadapkan pada pilihan yang lebih atraktif.  ''Membaca dan mengirim email maupun berselancar di dunia maya yang selama ini identik dengan netbook, jauh lebih enak diakses melalui tablet dengan layar sentuh'', kata dia. (K14-SMNetwork/yul )
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous