Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Warga Bakar Ogoh ogoh Raksasa

HARSEM/SMNetwork//Panuju Triangga

Ogoh-ogoh raksasa dibakar dalam upacara adat bersih dusun Saparan di pelataran Joglo Patmoseputro, Dusun Sokomoyo, Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo.

 



KULONPROGO -Upacara adat bersih dusun Saparan warga Dusun Sokomoyo, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulonprogo  Minggu (6/1) terlihat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pembakaran sebuah ogoh-ogoh raksasa menambah eksotisme tradisi yang sudah turun temurun tersebut.
    
Ratusan warga larut dalam upacara adat yang merupakan ungkapan syukur atas melimpahnya hasil bumi yang telah diberikan Tuhan kepada warga. Menurut Kepala Dusun Sokomoyo, Tukimin, bersih dusun ini memang digelar sebagai perwujudan rasa syukur warga kepada Tuhan karena sudah diberikan nikmat selama setahun lalu.
   
Berbeda dengan tahun-tahun lalu, pada pelaksanaan bersih dusun kali ini dilakukan pembakaran ogoh-ogoh raksasa. Ogoh-ogoh raksasa sendiri merupakan simbol angkaramurka atau keburukan yang ada di Sokomyo. Dengan dibakar, diharapkan keburukan-keburukan tersebut akan lebur sehingga masyarakat akan hidup aman dan tenteram. (Panuju Triangga/SMNetwork/njs)
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous