Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Atek Dharmo Mantan, Bintang Film Laga, Kini Tekuni Binaraga


Atek Dharmo
(harsem/dok)


SALATIGA – Raut wajah lelaki satu ini mulai nampak ketuaannya, namun tubuhnya yang boleh dibilang atletis ini masih terlihat. Dialah, Atek Soedharmo (64), yang juga mantan bintang film laga di era tahun 1970-an. Atek, demikian biasa disapa, kini membuka tempat latihan angkat besi maupun fitness “Raga Sampurna” di rumahnya Jalan Pemotongan No 7/9 Salatiga.
          
Saat ditemui Harsem, bapak tiga anak ini menyapa dengan ramah. Bahkan, pria yang memiliki  tubuh tinggi besar ini juga enak diajak ngobrol. Bintang film ‘Yohana’ dan Rambo’ ini mengaku menyukai olahraga angkat besi sejak puluhan tahun lalu saat dirinya masih lajang, tepatnya tahun 1964 silam. 
Bahkan, mulai tahun 1972 sudah membuat klub binaraga Pancanaka dan mulai aktif tahun 1974. Klub tersebut melibatkan mantan Walikota Salatiga John Manuel Manoppo sebagai Ketua Umumnya.
          
“Saat itu saya tidak membayangkan akan menjadi bintang film dan memerankan tokoh utamanya. Saya saat itu bercita-cita jadi atlet binaraga. Dari olahraga binaraga inilah, akhirnya membawa saya menjadi pemeran utama dalam film  Yohana dan  Rambo,” ungkapnya.
 
Untuk film Yohana, saat itu main bersama Lydia Kandauw tahun 1983 dan film Rambo main bareng dengan Lia Waroka tahun 1985. Dari kedua film tersebut, terberat dalam menjalani syuting film Rambo karena dia harus bisa menyamai Rambo. 
          
Suami dari Sundari yang dilahirkan di Salatiga, 30 Januari 1949 ini, mengaku tidak mau namanya dikenal sebagai bitang film. Pasalnya, dengan namanya terkenal itu maka kemana-mana sangat tidak bebas dan mudah dihapal oleh siapapun. Atek, yang pernah menjadi pemeran utama film empat kali itu, mengaku istirahat total dari dunia film sejak tahun 1992 silam. 
         
“Terakhir main film, saya main bersama Cindy Rotrock. Setelah itu istirahat total karena mengalami cedera pada tulang  rusuk. Peran saya saat itu digantikan oleh Advent Bangun. Setelah cedera tersebut, saya istirahat total dan kembali ke kota kelahiran saya di Salatiga ini mendirikan pusat latihan binaraga,” katanya.
          
Mantan pemeran utama dalam film ‘Pembalasan Si Rambu’ garapan Jopie Burnama ini mengaku setiap main film selalu mengganti namanya. Hal ini, agar jika kemana-mana tidak mudah dihapal orang. Nama yang sering dipakainya adalah Eddy Dharmo dan Bimo. (heru santoso/15)

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

3 comments :

  1. saya pernah gabung di gym-nya om Atek, nggak nyangka ternyata beliau seorang aktor

    ReplyDelete
  2. like his movie rambu for years, anyone can share it?

    ReplyDelete

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]