Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Transmigran Masuk Daftar Tunggu

Suroso (HARSEM/RANIN AGUNG-SM NETWORK)
UNGARAN- Tingginya minat masyarakat mengikuti program transmigrasi membuat Dinsosnakertrans Kabupaten Semarang menerapkan ;daftar tunggu’. Dari 170 pendaftar pada 2012 lalu, hanya 45 keluarga yang diberangkatkan.

Keterangan disampaikan Kabid Perluasan Penempatan, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinsosnakertrans Kabupaten Semarang, Suroso, kemarin. Menurut dia, minat warga belum ditunjang kuota.

"Hal itu akhirnya membuat kami menerapkan daftar tunggu. Akibatnya, sejumlah keluarga belum bisa diberangkatkan," katanya.

Dipaparkan lebih lanjut, warga pendaftar transmigrasi mayoritas berasal dari Kecamatan Kaliwungu, Tengaran, Bringin, Bancak, dan Banyubiru. Mereka berminat berangkat ke luar Jawa menyusul lahan pertanian yang diandalkan selama ini kondisinya tandus.

"Calon peserta transmigrasi biasanya buruh yang. Setibanya di lokasi, mereka dibekali biaya hidup setahun, bantuan bibit, dan peralatan pertanian," paparnya.

Untuk menghindari permasalahan, pendaftar transmigrasi harus melalui proses seleksi. Seleksi diambil guna mengetahui sejauh mana kemampuan bertahan yang bersangkutan bila nantinya ditempatkan.

"Pemerintah tidak akan memungut biaya. Jika nantinya sukses di daerah rantau, kami juga mempersilahkan yang bersangkutan mengajak saudaranya ke lokasi transmigran," tukas Suroso. (H86-SM Network/nji)
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]