Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Program Jalut, Tingkatkan Perekonomian Warga

Warga Desa Manggihan Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang dan personel TNI Koramil Getasan
 Kodim 0714, membuka akses jalan baru (SMNetwork/dok)
KOPENG -Ratusan warga Desa Manggihan Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang dan puluhan personel TNI Koramil Getasan, menggelar karya bakti membuka akses jalan penghubung dua desa sepanjang 1.500 m, Minggu (3/3) pagi. Kegiatan bertujuan membuka akses ekonomi penjualan hasil bumi dengan Desa Gedong itu, merupakan bagian dari program Jalan Usaha Tani (Jalut) yang dipersiapkan Desa Manggihan.

Kepala Desa Manggihan, Jumar mengatakan, jalan tembus ini sangat penting bagi warganya untuk perdagangan hasil bumi. Selama ini petani kesulitan menjual hasil bumi karena ketiadaan akses jalan.

''Bila jalan ini sudah dibuka maka mobil dan motor bisa lewat, sehingga penjualan hasil bumi akan lebih cepat,'' kata Jumar yang baru saja terpilih lagi sebagai Kades Manggihan.

Jumar mengaku tidak mudah melaksanakan program Jalut, sehingga dia meminta bantuan dari Koramil Getasan yang dipimpin Kapten Inf Djaswadi melaksanakan program tersebut. Kegiatan akan dilakukan kontinyu hingga jalan baru sepanjang 1.500 m terbuka. Menurut Jumar pada pertengahan tahun ini ada bantuan dana APBD untuk membuat jalan makadam dan akan dilakukan secara bertahap. Tahap pertama jalan makadam sepanjang 500 m.

Jumar mengungkapkan wilayahnya desa itu memiliki luas lahan 1.976 hektare dengan jumlah jiwa 1.700 orang (611 KK). Sebagian besar warga Desa Manggihan merupakan petani dan peternak pegunungan, yang mengandalkan lahan pertanian tadah hujan.

''Saat musim panen, produksi pertanian pegunungan di wilayah ini sangat banyak. Bila akses jalan ini terbuka, maka akan sangat membantu petani.'' (H2-SMNetwork/twu)

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]