Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Wali Kota Bersikap Hati-hati


SOLO - Keputusan Raja Keraton Surakarta, Sinuhun PB XIII Hangabehi, membubarkan Lembaga Dewan Adat disikapi Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo, secara hati-hati. Surat tersebut akan dipelajari secara mendalam, sebelum menentukan langkah selanjutnya.
    
"Di dalam surat itu ada dua poin penting yang terkait dengan kami. Yakni, pembubaran ormas Lembaga Dewan Adat dan permintaan perlindungan kepada Sinuhun. Khusus untuk perlindungan kepada Sinuhun, kami akan bekerja sama dengan jajaran Muspida lain," terang dia, Senin (4/11).
    
Adapun untuk permintaan pembubaran Dewan Adat, pria yang biasa disapa Rudy ini mengaku, tidak bisa serta-merta mengabulkannya. "Kami akan mempelajari surat itu terlebih dahulu. Poin ini berbeda dengan permintaan perlindungan, yang juga menyangkut posisi raja sebagai warga negara dan simbol budaya yang berhak dilindungi."
    
Selama ini, Lembaga Dewan Adat Keraton Surakarta terdaftar sebagai ormas di Pemkot Surakarta. Data Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menunjukkan, institusi itu terdaftar sebagai ormas bernomor registrasi 220/151/II/2011 dan tidak berbadan hukum. Surat Keterangan Terdaftar (SKT) ormas tersebut diterbitkan pada 2011 dan berakhir pada 2014.
    
"Kami juga perlu meyakinkan sejumlah pihak, bahwa surat dari Sinuhun tersebut asli. Jangan sampai saya dikatakan memalsukan surat lagi," tutur dia.
Lebih jauh wali kota mengungkapkan, surat bernomor 33/PBXIII/XI/2013 itu diterimanya Senin pagi. Mantan Bupati Wonogiri yang juga pendukung rekonsiliasi Dwi Tunggal Hangabehi - KGPH PA Tedjowulan, Begug Purnomosidi, yang menyerahkan surat bertandatangan Hangabehi dan berstempel aksara Jawa tersebut.
    
"Untuk sementara ini, saya lebih memilih menunggu pembuktian keaslian Surat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) terkait perintah mediasi konflik keraton, yang akan diproses secara hukum. Setelah itu, baru surat Sinuhun ini bisa ditindaklanjuti. Saya juga perlu melaporkan hasil mediasi yang sudah dicapai sejauh ini, kepada Kemendagri," kata Rudy. (H73/SMNetwork/njs)
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]