Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Lomba Rancang Busana Batik Demak Diharapkan Ciptakan Peluang Bisnis

JUARA RANCANG BUSANA : Para juara rancang busana batik khas Demak foto bersama Bupati HM Dachirin Said

DEMAK- Lomba rancang busana batik dan tenun khas Demak, belum lama ini dihelat di pendopo kabupaten. Bupati Demak HM Dachirin Said berharap untuk membuat peluang dan kreativitas tidak harus menunggu kompetisi. Lomba itu digelar Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Demak. Sebanyak 26 busana batik masuk grand final, dan diperagakan oleh para model.

Sebelum membuka acara, Bupati Demak berharap Dekranasda sebagai wadah para perajin juga mampu menciptakan peluang bisnis. “Lomba hanya sebuah siklus untuk menumbuhkan kreativitas, bukan penghargaan sebagai tujuan utama tetapi bagaimana rancangan busana ini mampu menciptakan lahan pekerjaan baru,” ucapnya.

Dalam lomba ini, Bupati Dachirin menekankan para juri harus memberikan penilaian yang objektif, agar tidak mematikan kreativitas dari para peserta, dengan demikian pemkab dapat mengetahui calon-calon perancang busana yang perlu dibina.

Peserta diharuskan berdomisili di Demak dan rancangannya hasil karya sendiri dengan tema batik khas Demak. Beberapa peserta menampilkan batik dengan corak belimbing dan jambu yang menjadi khas Demak. Selain itu motif petir dan ciri khas lain ditampilkan.

Lima juri yang dihadirkan oleh panitia, yaitu Erna Setiowati dari Bidang Busana dan Kecantikan Unnes Semarang, Yuli Marfiana (paguyuban pengusaha batik), Arjono Usman (modelling Tegal), Joko Sunarto ( Suara Merdeka), dan Juri Kehormatan istri Bupati Demak Hj Fatkhiyyah. Mereka sempat molor untuk memberikan nilai, akibat rancang busana yang ditampilkan berkualitas.

Sebagai Ketua Dekranasda Demak, Hj Fatkhiyyah mengatakan, lomba rancang busana untuk mencari bibit berkualitas para perajin batik, selain itu sebagai ajang membudayakan dan menumbuhkan kecintaan batik khas Demak.

“Pemenang rancang busana kategori busana pesta dan kasual untuk pria dan wanita, akan mewakili Demak dalam berkompetisi ke tingkat  Provinsi Jateng,” katanya. Muncul  Juara I Putra: Galuh Oktaviani, Juara II Sheila D Amalia, dan Juara III Erlinda. Sedang Juara I Putri Rosida, Juara II Yosie, Juara III Siti Z. Serta juara favorit putra Galuh dan Nurfaina Juara favorit putri. (swi/15)


Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous