Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

2.000 Mangrove Ditanam di Pantai Cahaya

Danrem 073/MKT Kol Arm Rufbin Marpaung dan Wakil Bupati Muh Mustamsikin bersama pejabat lainnya menerima bibit mangrov.
 HARSEM/SMNETWORK/ROSYID RIDHO
KENDAL - Dua ribu bibit tanaman mangrove (bakau) ditanam di sepanjang Pantai Cahaya Sendangsikucing, Rowosari, Kendal. Penanaman yang dihadiri oleh Komandan Korem 073/Makutarama Kol Arm Rufbin Marpaung tersebut merupakan agenda Kodim 0715/Kendal bersama Pemkab.

Hadir dalam kegiatan penananam itu antara lain Wakil Bupati Muh Mustamsikin bersama anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kendal, melibatkan sekitar 1.000 orang terdiri atas tokoh masyarakat, kelompok tani, pelajar, pramuka, serta warga di sekitar pantai.

Rufbin Marpaung mengaku prihatin dengan kondisi abrasi pantai yang terjadi di Jawa Tengah, khususnya di Kabupaten Kendal yang setiap tahun terus terjadi. Dia menjelaskan, tujuan dari program penanaman mangrove tersebut sebagai bentuk wujud partisipasi TNI dalam memelihara alam supaya tetap hijau.

Penanaman itu, kata dia, untuk menghindari abrasi pantai yang hingga kemarin telah melanda pesisir pantai di Pulau Jawa. ''Selain menanaman mangrove, perlu ada kepedulian masyarakat untuk bersama-sama menjaga pantai supaya setiap tahun tidak semakin habis tergerus abrasi,'' kata dia.

Dandim Letkol Inf Tyas Koesharjadi, mengatakan, selama tiga bulan di 2013, pihaknya menargetkan bisa menanam 45 ribu bibit mangrove. Keberadaan mangrove di pesisir pantai, bisa mencegah abrasi. ''Bibit mangrove tersebut merupakan bantuan dari sejumlah pihak yang peduli untuk menekan abrasi pantai,'' tutur dia.

Muh Mustamsikin menambahkan, seluruh komponen masyarakat, tidak hanya mereka yang tinggal di pesisir pantai saja, ikut peduli mencegah terjadinya abrasi pantai. ''Kami semua berupaya melakukan antisipasi terjadinya abrasi dengan menanam mangrove di sepanjang bibir pantai. Dengan begitu selain menghidari abrasi juga menjaga ekosistem yang di sekitar pantai tetap terjaga,'' paparnya. (H36/SMNetwork/tab)



Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous