Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Pipa PDAM Bocor, Banjiri Jalan

Aparat Koramil 01/Demak Kota ikut membantu upaya perbaikan pipa PDAM yang bocor (HARSEM/SUKMAWIJAYA)
DEMAK-Kemarin dini hari, pipa PDAM Demak di Jalan Kiai Turmudzi bocor, sehingga membanjiri jalan raya dan beberapa pertokoan di sekitarnya.

Di samping usia pipa sudah puluhan tahun, kemungkinan kebocoran akibat pipa tak mampu menahan berat tonase kendaraan yang melintas. Sekitar pukul 03.00, pipa PDAM di Jalan Kiai Turmudzi, Kelurahan Bintoro, Kecamatan Demak, bocor. Akibatnya air PAM membanjiri jalan raya. Titik banjir terparah berada di depan Rumah Makan Ayam Bakar Mbak Tari. Genangan sempat menghambat laju lalulintas sampai pukul 07.00.

Kondisi pipa yang berusia puluhan tahun ini, pecah akibat aus. Kemungkinan karena jalan tersebut menjadi jalur lalulintas provinsi, sehingga pipa yang ditanam di bawah jalan tak mampu menerima beban tonase kendaraan yang melintas. Kebocoran pipa sempat menghentikan suplai air bersih di wilayah Kecamatan Demak.

Kali pertama kebocoran diketahui oleh anggota TNI. “Segera kami laporkan kebocaran ini ke PDAM,” ungkap Komandan Koramil 01/Demak Kota, Kapt Inf Bambang Susilo. Selain ikut terjun ke lokasi bocoran, Bambang sekaligus memerintahkan anak buahnya membantu petugas PDAM memperbaiki kebocoran pipa.

Sebagian anggota Koramil Kota juga membantu membereskan selang pipa dan mesin pompa untuk menghisap air bocoran, dibuang ke sungai Tuntang Baru. Tentara lainnya bersama warga ikut mengatur lalulintas menghindarkan pengguna jalan tidak terperosok di kubangan air.

Pagi itu suasana jalan sangat merepotkan, sejumlah pengguna jalan sempat kebingungan saat melintasi genangan air setinggi lutut. Beberapa motor roda dua harus ekstra berhati-hati memilih jalan, menghindari kubangan yang dalam.

Pipa itu sudah sangat tua, dari bahan asbes, yang dibangun sejak tahun 1971. Beberapa warga yang sekaligus pelanggan air PAM, meminta PDAM segera memperbaiki jaringan pipa tersebut. Sebab terjadinya kebocoran pipa tidak hanya sekali ini, tahun sebelumnya juga pernah terjadi.
(swi/tab) 
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous