Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Winarto Hobi Fotografi

 Winarto. HARSEM/WARA MERDEKAWATI


ROWOSARI-Dunia fotografi bagi Winarto sudah tidak asing lagi. Pasalnya, sejak tahun 1980 dirinya dituntut untuk bisa mengambil gambar yang baik. Dari situlah, mulai tumbuh kecintaan dalam fotografi dengan mengikuti beberapa seminar serta pelatihan yang diadakan oleh fotografer handal di Semarang, termasuk salah satunya Darwis Triadi.

     “Tahun 1980 saya ditugaskan di DPU Provinsi. Salah satu tugasnya mengambil gambar rumah yang harus dipugar. Dari situlah saya mulai belajar dan suka fotografi,” kata Winarto yang saat ini menjabat sebagai Lurah Rowosari, Kecamatan Tembalang.

     Rupanya, dia pun tidak tanggung-tanggung dalam menjalankan tugasnya itu. Untuk menambah keahliannya Winarto sengaja mengambil kelas pelatihan Fotografi yang diselenggarakan oleh Darwis Triadi. Dari pelatihan itu, dirinya mengaku banyak hal yang didapat, seperti cara menggunakan kamera kokang, bagimana mengatur diafragma maupun shutter.

     “Awal menggunakan kamera masih kamera manual yang pakai film. Beda dengan sekarang yang era nya sudah digital, dan hasilnya dapat dilihat langsung,”  ujar pria yang akrab disapa Totok ini.
     Berbekal dari keahliannya itu, Winarto pun dipercaya menjadi fotografer dalam beberapa kegiatan yang diadakan di pemkot maupun pribadi. Mantan seklur Tandang ini, juga pernah mengambil foto artis-artis nasional yang sedang tampil di Semarang. Di antaranya, Desi Ratnasari, Cornelia Agata, dan Diana Pungky.

     Bahkan,  tahun 1992 Winarto pernah dipercaya menjadi salah satu fotografer Hotel Graha Santika. Sampai saat ini, hasil jepretannya tersusun rapi dalam album foto. Menurutnya, foto-foto ini menjadi saksi perjalanan hidupnya yang hobi fotografi.

     “Saya hanya menggunakan kamera pocket (kamera saku), tetapi hasilnya tidak kalah dengan yang menggunakan SLR. Hampir tiap ada kegiatan pemkot saya selalu mengabadikan, sehingga koleksi saya ini mungkin nantinya bisa dijadikan saksi sejarah kota Semarang,” ujarnya sembari tersenyum.
     Meskipun disibukkan dengan tugasnya sebagai Lurah di Rowosari, Winarto mengaku akan terus melakukan hobinya. Dia mengatakan, jika sudah pensiun akan melanjutkan hobinya ini menjadi seorang fotografer.

     “Dua tahun lagi saya pensiun, kalau sudah bebas tugas saya bisa menggunakan keahlian fotografi untuk membuka usaha foto,” ungkapnya. (wam/njs)

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]