Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Posyandu Kencana Sari Gemah Berlaga di Tingkat Provinsi

HARSEM/LISSA FEBRINA
Plt Walikota Hendrar Prihadi menerima Tim Penilai Posyandu Kencana Sari, Kelurahan Gemah,    Kecamatan Pedurungan di Ruang VIP Balaikota


BALAIKOTA -Plt Walikota Semarang Hendrar Prihadi, kemarin, menerima tamu Tim Penilai Posyandu tingkat Provinsi Jateng tahun 2013. Tim penilai berasal dari TP PKK Provinsi Jateng, Bapermasperdes, BKKBN, serta organisasi wanita lainnya. Tim ini akan menilai Posyandu Kencana Sari untuk berlaga mewakili Kota Semarang dan telah menyisihkan lima nominasi lain.

Penilaiaan tersebut dilaksanakan secara berjenjang dari tingkat kelurahan, kecamatan hingga tingkat  kota. Di mana tiap kecamatan mengirimkan 1 posyandu pada lomba tingkat kota yang dilaksanakan pada  Oktober sampai  Desember  2012.

Menurut Plt Walikota Semarang Hendrar Prihadi, kedatangan Tim Penilai ini dapat membangkitkan semangat ibu-ibu PKK dalam menggerakkan posyandu. “Ini sekaligus akan menjadi kesempatan PKK di Kota Semarang untuk mendapatkan masukan positif, terutama  dalam hal meningkatkan kegiatan posyandu  di Kota Semarang,” ujar plt Walikota, kemarin.

Dari data yang dihimpun oleh TP PKK Kota Semarang, saat ini terdapat sejumlah 1.556 posyandu, terdiri atas prata mandiri, pratama madya, dan purnma. “Bagi pemkot keberadaan posyandu mempunyai peranan yang sangat penting, khususnya dalam meningkatkan derajat kesehatan balita sebagai cikal bakal generasi penerus bangsa,” kata Plt Walikota yang akrab disapa Hendi ini.

Untuk itu, lanjutnya, dalam anggaran tahun 2013 pihaknya telah mengalokasikan sejumlah anggaran untuk pemberian makanan tambahan (PMT) dan pengembangan posyandu melalui dinas terkait seperti Dinas Kesehatan maupun Bapermasdes. “Selain itu ada pembinaan, peningkatan keterampilan kader-kader posyandu melalui seminar, lomba cerdas tangkas yang rutin dilaksanakan dalam periode tahun 2013,” tuturnya.

Dia berharap, Posyandu Kecana Sari dapat menjadi yang terbaik. Tentunya akan menjadi kebanggaan Kota Semarang apabila Posyandu Kencana Sari dapat meraih prestasi tingkat pertama. Yang utama kita telah melakukan yang terbaik dengan tulus dan iklas untuk memberdayakan masyarakat melalui Posyandu di Kota Semarang.

Hal senada diungkapkan Ketua Tim Penilai Posyandu Tingkat Provinsi, Kadaryanto dari staf ahli TP PKK Provinsi, bahwa dalam penilaian ini pihaknya mengedepankan profesionalisme sehingga hasilnya dapat dipertanggungjawabkan. “Harapannya dapat berlaga di tingkat nasional,” ujarnya singkat.

Dalam kesempatan yang sama Ketua TP PKK, Tia Hendrar Prihadi menambahkan, tujuan kegiatan ini merupakan implementasi pembangunan di bidang kesehatan dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Selain itu, posyandu merupakan bentuk Upaya Kesehatan yang Bersumberdaya Masyarakat (UKBM).  Ini sangat trategis dalam membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. 

“Peran TP PKK Kota dalam memajukan Posyandu di Kota Semarang, di antaranya membangun kerjasama  antara TP PKK dan Dewan Penyantun PKK, Pokjanal Posyandu, kerjasama dengan pihak swasta melalui kegiatan CSR di bidang kesehatan dan masih banyak lagi,” ujarnya.

Dipilihnya Posyandu Kencana Sari, karena adanya peran serta masyarakat yang tinggi, administrasi  baik, inovasi  beragam, serta program pengembangan dan integrasi berjalan baik. “Semoga Semarang dapat memiliki Posyandu Percontohan yang menjuarai lomba posyandu di tingkat nasional,” ujar Tia berharap.

Acara ini dilanjutkan peninjauan kegiatan pelayanan kesehatan di Posyandu Kencana Sari Gemah Kecamatan Pedurungan, bersama Sri Suharti Bibit Waluyo, Ketua TP PKK Provinsi Jateng beserta rombongan(lif/njs)








Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

1 comment :

  1. Informasi menarik terima ksih atas informasi yang disampaikan !
    kunjungi juga info kami :
    Cara Mengobati Kanker Payudara

    ReplyDelete

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]