Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Bu Polwan Mengajar Ratusan Anak TK



RATUSAN siswa-siswi Taman Kanak-kanak (TK) dan Play Grup Islam Miftahul Jannah di Jalan Bringin Indah, Ngaliyan, tampak ceria mendapat pengalaman dari “guru” baru. Guru tersebut adalah sejumlah polisi wanita (Polwan).

Para siswa TK itu diberikan materi pengenalan aturan berlalu-lintas. Mereka tampak antusias menikmati suasana belajar sambil bermain bersama Bu Polwan.

''Warna merah artinya apa sayang?'' Ratusan bocah TK itupun kompak menjawab dijawab: ''Berhenti!''. Meski masih belia, tampak anak-anak tersebut  cukup memahami dan mengerti arti dari beberapa rambu lalu lintas yang ditunjukkan oleh para polwan. Begitupun saat ditunjukkan gambar rambu traffic light.

Kanit Lalu Lintas Polsek Ngaliyan, Iptu Sunyit Munandar mengatakan, kegiatan itu merupakan program Polisi Sabahat Anak (PSA). Tujuannya untuk memberikan pemahaman akan tertib lalu lintas di jalan sejak dini. ”Ini sebagai upaya agar anak-anak mengetahui rambu di jalan. Agar mereka kelak kalau sudah besar bisa tertib saat mengendarai kendaraan di jalanan,” katanya, kemarin.

Polisi sahabat anak, lanjut Sunyit, diterapkan berdasarkan UU RI No 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Selain itu, sebagai upaya pengenalan lalu-lintas sejak dini. “Kegiatan polisi sahabat anak untuk mengedukasi dan menumbuhkan kedisiplinan anak dalam berlalu lintas sejak dini,” katanya.

Hal ini diharapkan juga bisa mengurangi angka kecelakaan di jalan yang tergolong masih tinggi. Di samping itu juga untuk menumbuhkan kecintaan anak terhadap profesi seorang polisi. ”Pendidikan ringan melalui permainan seperti ini sangat menyenangkan. Saya kira ini cukup efektif supaya supaya anak-anak sebagai generasi penerus dan aset bangsa kelak menjadi generasi pelopor tertib lalu-lintas,” tandasnya.

Menurutnya, penjelasan yang diberikan cukup bisa dicerna oleh anak-anak. Terbukti, perasaan ingin tahu mereka sangat besar, sehingga mereka senang mempelajari materi lalu lintas. ”Tidak sedikit dari mereka yang bertanya dan mengerti secara detail tentang lalu lintas,” katanya. (abm/sae)
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]