Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Mengenang ‘Sang Nomor Satu’ di Dinding Galeri


ENAM wajah pemimpin Indonesia yang berkuasa pada zamannya, bersanding dalam satu kanvas berukuran 160x260 dan tervisualkan dalam bentuk sketsa hitam putih menggunakan arang.

Lukisan berjudul “Sang Nomer Satu” karya S. Hartono tersebut terpajang di Galeri Oudetrap bersama dengan puluhan karya-karya senirupa lainnya dari sejumlah seniman Kota Semarang.

Ya, dalam pameran bertajuk First View Of Art In Oudetrap, Sabtu (2/3) malam, sebanyak kurang lebih 75 karya dari 32 perupa hasil kolaborasi para arsitektur dengan sanggar lukis Raden Saleh yang bertema naturalis.

Pameran Seni Rupa yang juga menjadi acara pembukaan Galeri Oudetrap tersebut seolah menjadi angin segar bagi para seniman-seniman Kota Semarang di tengah miskinnya tempat-tempat seperti galeri atau ruang publik untuk pameran di Semarang.

“Pameran seperti ini sangat bagus dan harus didorong kedepannya. Pemkot Semarang nantinya akan mengintensifkan kerjasama dengan pihak lain seperti dengan Disbudpar kota dan Badan Pengelola Kawasan Kota Lama (BPK2L). sehingga kawasan ini bisa jadi lebih ramai,” ungkap Harini, mewakili Pemkot Semarang.

Nama Oudetrap sendiri mengandung arti penamaan yang berasal dari tangga putar yang dinilai unik pada facade bangunan galeri. Selain itu memiliki filosofi menapak bertahap naiknya hasil budidaya akan peradaban.

“Kami sendiri berkeinginan menghidupkan sekaligus melestarikan kawasan kota lama, selain itu kami juga ingin kesenian di Semarang semakin maju. Salah satunya seperti membuat acara pameran seperti ini,” ungkap Yudi Mahaswanto selaku pengelola galeri di sela-sela pembukaan.

Dalam waktu setahun kedepan, pihak galeri berencana mengagendakan sejumlah acara kegiatan. Seperti di antaranya pameran karya-karya dari komunitas-komunitas yang ada di Semarang, seperti fotografi, sastra, sketsa dan lain-lain.

Berlokasi di Jalan Taman Sri Gunting No.3, Kawasan Kota Lama Semarang, pameran First View Of Art In Oudetrap berlangsung pada 2-16 Maret mulai pukul 09.00 – 17.00. (hep/sae)
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]