Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Masjid As-Sholihin Beringin Dibangun Aulia

MASJID Jami AsSholihin atau yang lebih di kenal dengan Masjid Agung Beringin Ngaliyan, dibangun oleh aulia atau orang yang dimuliakan. Lokasi dibangunnya masjid awalnya berupa hutan lebat. Wilayah Beringin dulunya memang berupa hutan.

Karena tidak ingin orang lain mengetahuinya, sang aulia tadi membangun masjid dengan tangannya sendiri, tanpa bantuan orang lain. Namun belum selesai dia membangun, ternyata ada orang yang mengetahui. Entah kecewa atau apa, aulia tadi langsung meninggalkan lokasi pembangunan masjid, dan hanya memberikan sebuah tanda berupa pohon beringin.

Jauh sebelum negeri ini merdeka, pembangunan masjid itu dilanjutkan oleh Mbah Beringin atau Ki Beringin, seorang pertapa atau pejuang Islam dan juga seorang aulia yang datang ke daerah Ngaliyan.

“Namun sayang sebelum masjid Beringin itu selesai pembangunan, Ki Beringin meninggal di Jogja. Sebelum meninggal Ki Beringin sempat mengikuti sayembara di Kerajaan Jogja, di mana tujuan sayembara itu sebenarnya justru untuk membunuh Ki Beringin sendiri,” ungkap KH Sholeh, warga setempat yang juga pemilik Pondok Pesantren Madrosatul Qur’anil Aziziah (PPMQA) Beringin Ngaliyan.

Dalam sayembara itu Ki Beringin harus mengalahkan ular paling basar. Karena dia seorang aluia, Ki Berngin pun akhirnya bisa mengalahkan ular besar tersebut.

Sebagai imbalannya Ki Beringin boleh mempersunting putri raja. “Tapi karena penampilannya yang seadanya, Raja Jogja Pun tidak menginzinkan putrinya menikah dengan Ki Beringin. Ki Beringin pun diizinkan pulang dan diberi bekal beberapa roti yang dibungkus rapi. Ternyata di dalam roti itu sudah diisi racun oleh pihak Kerajaan Jogja,” terang KH Sholeh.

Di tengah jalan, tepatnya di daerah yang banyak perompaknya, Ki Beringin dihadang dan direbut semua barang bawaannya. Semua perompak memakan roti yang berisi racun tersebut dan akhirnya perompak yang dikenal angker itu pun mati. Nama Ki Beringin pun semakin kesohor. Pada Akhirnya pembangunan masjid diteruskan oleh Mbah Abdullah sampai selesai. Namun Mbah Abdullah akhirnya juga meninggal dan dikuburkan di lingkungan Masjid Agung Beringin.

Masjid Ampuh
Tahun 2008 lalu daerah Ngaliyan santer diberitakan terkena proyek tol Semarang-Batang yang
melewati daerah Beringin. Dari gambarnya, jalan tol itu bakal menerabas masjid, sehingga mau tidak mau harus dibongkar atau dipindah ke tempat lain.

Berbagai cerita yang berhubungan dengan keberadaan masjid pun muncul. Petugas proyek tol yang ingin menancapkan besi patok di sekitar masjid selalu gagal. Beberapa petugas bergantian, tetapi setiap kali melakukan pekerjaan, mereka merasakan suasana gelap gulita.

Padahal pekerjaan pematokan itu dilakukan siang hari dan disaksikan tokoh-tokoh kampung Kelurahan Beringin. Pemancangan patok itu akhirnya dibatalkan dan lokasi rencana tol bergeser jauh ke sebelah utara masjid.

“Begitu juga saat petugas mencoba mengambil foto atau gambar, wujud masjid dan pohon asam yang ada di halaman depan juga tidak kelihatan. Yang tampak di gambar foto justru wujud seseorang yang sedang sholat,’’ ujar beberapa warga. (lissa_harian semarang)

___________
Dipersilahkan mengcopy dan menyebarluaskan artikel pada blog ini dengan tujuan untuk kemaslahatan bersama dan bukan untuk disalah gunakan. Namun perlu diingat, wajib menyertakan sumber blog ini yaitu http://hariansemarangbanget.blogspot.com. (terima kasih).

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous