Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Selamat Datang Walikota Baru

Marhen Menang Satu Putaran

Hasil tabulasi suara sementara Pilwalkot Semarang, semalam menunjukkan pasangan dengan nomor urat 5, Soemarmo-Hendi Hendrar Prihadi (Marhen) mendapatkan suara tertinggi dan bersaing cukup ketat dengan pasangan nomor 1, yakni Mahfudz Ali-Anis Nugroho (Manis). Masing-masing pasangan tersebut memperoleh suara lebih dari 30%. Sedangkan tiga pasangan lain masih di bawah 20%.

PROSES pilwalkot sendiri, dipastikan berlangsung hanya satu putaran, meski ada dua pasangan yang memperoleh suara di atas 30%. “Ketentuan itu berdasarkan UU No 12/ 2008 tentang Perubahan Kedua atas UU No 32/2004 tentang Pemerintahan Daerah Pasal 107, ayat (2) yang bunyinya: pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang memperoleh suara lebih dari 30% (tiga puluh persen) dari jumlah suara sah, pasangan calon yang perolehan suaranya terbesar dinyatakan sebagai pasangan calon terpilih,” ungkap anggota KPU Kota Semarang, Joko Santoso kepada Harsem, semalam.

Ia menjelaskan, jika ada dua pasangan calon yang mencapai 30% maka yang memperoleh suara yang lebih banyak akan menjadi pemenang. Kecuali, menurutnya, jika tidak ada yang mencapai 30%, maka urutan satu dan dua tertinggi perolehan suara akan maju lagi pada putaran kedua.

Pelaksanaan pilwalkot kemarin, ungkapnya, berjalan cukup lancar dan tanpa hambatan. Meskipun terdapat beberapa kejadian-kejadin, menurutnya hanya bersifat kecil dan tidak mengganggu perolehan suara.

Hingga pukul 21.30, jumlah suara yang masuk yakni sebesar 523,069 dengan suara sah sebesar 488,043 dan suara tidak sah mencapai 35,026. Total TPS yang masuk yakni sebanyak 2.239 atau sebesar 80%. Dari keseluruhan suara masuk, pasangan Marhen mendapatkan 34,045% dan Manis pada urutan kedua mendapatkan 31,156% suara. Sedangkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) pada pilwalkot kali ini mencapai 1.100.078.

Kurang Greget
Hal ini, ungkap Joko, menunjukkan bahwa angka golput atau pemilih yang tidak menggunakan hak pilihnya masih cukup besar.

Ia menuturkan antusiasme warga kurang greget dalam mengikuti pilwalkot kali ini. “Sosialisasi kami sudah semaksimal mungkin, diberbagai tempat sudah ada ajakan untuk ikut menggunakan
hak pilih, tapi banyak TPS yang terlihat lengang, mungkin mereka jenuh dengan pemilu,” tuturnya.

Ia mengatakan, terdapat perubahan DPT kemarin. Namun pihaknya akhirnya memutuskan bahwa warga yang namanya tercatat dalam DP4, DPS dan DPS HP namun tidak masuk DPT, diputuskan bisa mengikuti pilwalkot.

“Itu berdasar surat edaran KPU Provinsi, maka kami tindaklanjuti seperti itu, dan KPPS juga sudah ditembusi lewat surat,” tandasnya. Sementara itu, Ketua Panwas Kota Semarang, Yunan Hidayat mengatakan, pihaknya belum mendapatkan laporan insiden yang siginifikan. “Yang ada hanya laporan-laporan kecil soal pengaduan warga yang tidak tercantum dalam DPT, seperti di Kecamatan Mijen, Genuk, Gajahmungkur, Ngaliyan, dan Semarang Tengah,” tuturnya.

Terkait politik uang, Yunan mengatakan pihaknya mendapatkan laporan dari berbagai wilayah soal adanya satu pasangan calon yang memberikan uang sebesar Rp 10 ribu pada warga. Di antaranya di Kelurahan Kebonagung, Semarang Timur dan Kelurahan Pedurungan Tengah, Kecamatan Pedurungan. “Hal ini terus didalami dengan mencari saksi-saksi, untuk membuktikannya sangat sulit, kalau ada pun harus ditanya, apakah memberi uang itu dengan mengarahkan mencoblos, kalau tidak kan ya sulit diproses,” tegasnya. (abas/puji - harian semarang)

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous