Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Hanik Khoiru Sholikah: Politik itu Seni

Hanik Khoiru Sholikah
Pariwisata dan politik. Dua bidang yang jelas berseberangan, tapi bisa sejalan di tangannya. Asal tepat kelola, keduanya bisa sama-sama menyenangkan dan dinikmati banyak orang.

LATAR belakang pendidikan yang dienyamnya dulu, kini telah menjadikan bekal tersendiri baginya untuk menggeluti dunia politik. “Saya dulu lulusan pariwisata. Namun jangan dikira itu nggak ada hubungannya dengan kegiatan yang saya geluti sekarang, lho,” kata Hanik Khoiru Sholikah, satu ketika.
    
Anggota Komisi B DPRD Kota Semarang dari Fraksi PDIP Perjuangan ini menilai, dunia politik sebenarnya tidak sekejam atau sebusuk yang banyak orang kira. Hal itu, menurutnya, tergantung cara seseorang mengolah dan mengelolanya, sehingga pekerjaan politik bisa menyenangkan dan dinikmati banyak orang pula.
    
“Sebagaimana latar belakang saya, dalam dunia pariwisata itu, kita dituntut untuk melayani, selalu membuat suasana menjadi nyaman, dan berupaya agar tetap disukai banyak orang. Sementara di dunia politik, hal yang sama dapat kita terapkan pula, yakni harus bisa menjaga iklim kondusif dengan selalu melayani masyarakat secara nyata,” papar perempuan asli Blitar ini.
    
Dengan konsep seperti itu, penilaian atas politik di mata masyarakat akan berubah. Bahkan, Hanik berharap, semua politikus dapat berpikiran sama, karena nantinya dapat memberikan pemahaman yang baik soal perpolitikan di Indonesia.
    
“Jika konsep seperti itu bisa dipahami banyak orang, maka politik tidak lagi dinilai kejam atau busuk. Namun nanti, banyak orang akan menilai bahwa politik itu merupakan seni yang bisa dipelajari dan diterapkan oleh dan untuk semua,” ujar ibu tiga anak ini.
    
Konsep melayani itu sudah menjadi pemikirannya sejak kanak-kanak. Dari pemikiran tersebut, orangtuanya ikut mendukungnya, karena dinilai ke depan bisa bermanfaat bagi semua orang.
    
“Sikap melayani itu saya wujudkan ke bidang pariwisata. Penerapannya sekarang, saya aktif di dunia organisasi. Bahkan pekerjaan sebagai anggota dewan saat ini saya fokuskan untuk melayani masyarakat umum. Jadi lebih klop,” ungkapnya sembari tersenyum.

Tantangan Dewan
Seputar tantangan selama menggeluti dunia politik, Hanik mengaku, hal itu sudah menjadi ”makanan sehari-hari”-nya. Mulai dari kecaman atau sikap pesimistis masyarakat atas kalangan dewan hingga perbedaan persepsi di internal dewan sendiri.
 
Namun dari tantangan yang dihadapinya itu, dia berusaha untuk memilih bersikap ”dingin.” Artinya, dia berusaha menanggapi setiap tantangan secara tenang, sepanjang perbedaan pendapat itu masih bisa dimusyawarahkan antarinternal dewan.
    
Sedangkan sikap masyarakat yang masih berpandangan ”miring” terhadap dewan, dia yakin, hal itu masih bisa ”diperbaiki.” Di lingkungannya sendiri, diakuinya, masih banyak masyarakat yang memiliki sikap seperti itu.
   
“Masih banyak sekali masyarakat yang menilai seperti itu. Tapi kita masih bisa menunjukkan kinerja, tidak hanya pekerjaan di gedung dewan yang selama ini dinilai masyarakat cuma rapat dan bikin perda. Tindakan nyata di lapangan yang harus ditunjukkan semua anggota dewan. Dengan turun ke lapangan itu, maka kita bisa mengetahui apa yang dihadapi, dikeluhkan, dan dibutuhkan masyarakat. Dari situ, masyarakat pun bisa memahami soal pekerjaan kedewanan selama ini,” harapnya. ariel noviandri/dnr


BioHanik
Nama : Hanik Khoiru Sholikah
Kelahiran : Blitar, 29 Januari 1974
Orangtua : H Mushronef-Hj Susiah
Suami  : Irwan Gunadarma
Anak  :
1.    Reyhan Ilham Pratama
2.    Reynastrada Syahra Athilla
3.    Reyestrada Muhamad Taffazul
Alamat    : Perumahan Griya Medoho Asri No 83, Semarang
Pendidikan    :
•    DIII Pariwisata Untag Semarang
•    SMA Negeri Blitar
•    SMP Negeri Blitar
•    SD Negeri Blitar
Organisasi : KNPI Kota Semarang
Partai  : PDIP Perjuangan
Pekerjaan  : Anggota Komisi B DPRD Kota Semarang Periode 2009-2014
Hobi  : Travelling
Obsesi : Sukses dalam kondisi apa pun


Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous