Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Meretas Prestasi dari Sampah

Warga RT 03 RW 05 Kelurahan Tugurejo Kecamatan Tugu dua minggu sekali melakukan pemilahan sampah
BERAGAM kerajinan tangan dari hasil olahan sampah dihasilkan warga Perumahan Korpri RT 03 RW 05 Kelurahan Tugurejo Kecamatan Tugu. Sampah-sampah yang semula tak berguna tersebut mampu disulap sehingga memiliki nilai jual.

Ketua Kelompok Peduli Sampah (KPS) Mawar Merah Tatik Sri Rochiati Pudjianto menambahkan, kegiatan ini sudah dijalankan sejak 2009 silam. Berawal dari kepedulian warga terhadap lingkungan yang dimotivasi oleh BKM dan Bintari, pengelolaan sampah ini mampu dijalankan hingga sekarang.

“Kegiatan ini bersifat sederhana dan langsung menyentuh ke warga, dengan tujuan lingkungan tempat tinggalnya bebas dari sampah,” ujarnya.

Kegiatan tersebut lanjut Tatik secara tidak langsung juga memotivasi diri sendiri agar mencintai lingkungan. Dengan mendaur ulang sampah dan pengomposan sampah organik, warga kampung pun turut peduli terhadap lingkungannya.

 Bank sampah yang digalakkan di setiap rumah  warga berjalan dengan baik. Tak ada sampah yang keluar dan pemulung pun tidak pernah masuk ke wilayah RT 03 RW 05 untuk mencari sampah.

“Setiap dua minggu sekali ibu-ibu datang membawa sampahnya di depan rumah saya dan kita pilah-pilah bersama-sama, sedangkan hasil penjualan di masukan ke kas,” ujarnya.

Sampah-sampah dikumpulkan menurut jenisnya, seperti koran, bekas kemasan sabun bubuk, minyak goreng, kertas, kardus makanan, kardus mi instan, botol air mineral, hingga  kaleng-kaleng.

“Sampah plastik kita olah jadi kerajinan tangan seperti tas, taplak meja, payung, tempat HP, tempat tisu dan masih banyak lagi. Sedangkan sampah sayuran dan makanan akan diolah menjadi pupuk organik oleh bapak-bapak,”katanya.

KPS Mawar Merah Tugurejo juga meretas prestasi dan  berhasil meraih juara dalam Lomba Kelola Sampah Perkotaan 2010 yang di selenggarakan oleh Badan Lingkungan Hidup Kota Semarang. Dalam waktu dekat Tugurejo maju lomba desa 2012 mewakili Kecamatan Tugu. (lif/17)

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous